TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Tes Karakteristik Pribadi Seleksi CPNS, 10 Contoh Soal Try Out TKP HOTS

Ilustrasi. Soal TKP HOTS CPNS (Sumber : pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 tidak hanya berkutat soal berkas administrasi saja melainkan membutuhkan tes khusus.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS adalah salah satu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS, sebelum sah dinyatakan sebagai Pegawai Negeri Sipil.

TKP SKD CPNS kerap disajikan dalam bentuk Soal HOTS atau Higher Order Thinking Skill. Artinya pada jenis Soal SKD HOTS para CPNS dituntut untuk berpikir secara logika, kritis dan kreatif.

Berikut 10 Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS HOTS, dikutip dari catbkn.com!

1. Anda ikut seleksi CPNS 2021 dan jadwal tes SKD Anda pekan depan. Untuk persiapan, Anda mencari literatur dan referensi belajar di internet. Tanpa disengaja, Anda menemukan iklan jasa jaminan lulus CPNS dengan memberikan sejumlah uang.

Nominal uang yang diminta masih dalam kesanggupan keuangan keluarga Anda. Sehari sebelumnya, Anda mendapatkan pengumuman dari panselnas BKN yang menghinbau untuk berhati-hati terhadap modus penipuan jaminan lulus CPNS 2021. Hal yang akan Anda lakukan...

A. Saya tidak memperdulikannya dan tidak mencari sumber referensi di internet agar tidak menemukan iklan serupa yang dapat mempengaruhi keinginan saya untuk melakukan kecurangan.
B. Saya akan mempertimbangkan peluang lulus CPNS 2021 secara murni. Bila persaingan tinggi dan peluang lulus kecil, saya akan menghubungi pihak yang menawarkan jasa tersebut.
C. Saya akan menghubungi orang tersebut karena saya merasa persaingan untuk lulus CPNS 2021 cukup sulit.
D. Saya tidak menghiraukan iklan tersebut dan tetap mencari sumber referensi materi persiapan CPNS yang dapat saya gunakan untuk bahan belajar.
E. Saya mengambil foto tampilan iklan tersebut dan melaporkan kepada pihak yang berwajib terkait modus penipuan tersebut dan saya memutuskan untuk tidak lagi mencari referensi materi belajar di internet agar saya tidak terpengaruh pada tindakan kecurangan.

2. Anda sedang sibuk menyelesaikan tugas Anda karena mendekati deadline. Tiba-tiba atasan meminta Anda mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Anda akan...

A. Saya akan menyarankan atasan untuk meminta rekan kerja lain yang sedang tidak ada deadline untuk mengerjakan tugasnya.
B. Saya menyanggupinya dan langsung mengerjakan tugas atasan saya.
C. Saya menyanggupinya namun menyelesaikan tugas saya dahulu dilanjutkan mengerjakan tugas atasan.
D. Saya menolak permintaan tersebut secara harus karena masih mengerjakan tugas saya.
E. Saya akan memberitahukan kondisi saya pada atasan, namun saya akan mengerjakan tugasnya bila ia memaksa.

Baca Juga: Kutek Hijau Rambut Pendek, Mayat Perempuan Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT