Sukabumi Update

Kisah Warga Pesisir Selatan Sukabumi Olah Kelapa Jadi Kopra

Ipung Suryani (55 tahun) warga Kampung Muara Indah Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, sedang menjemur daging kelapa untuk diolah menjadi kopra. | Foto: SU/Ragil

SUKABUMIUPDATE.com - Warga di Kampung Muara Indah Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan buah kelapa yang jatuh terbawa aliran sungai di sekitaran pesisir Pantai Keusik Urug menjadi kopra.

Kopra merupakan daging dari kelapa yang dikeringkan dan bisa menjadi baku untuk pembuatan minyak kelapa.

"Kelapanya dapat mungut di pesisir pantai, biasanya kebawa aliran sungai saat sungai banjir. Yang mungut itu suami, lalu kelapanya dikupas dan diambil dagingnya untuk dijemur," kata Warga setempat penjual kopra, Ipung Suryani (55 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Senin (21/2/2023).

Baca Juga: Diisukan Tak Muncul di Preman Pensiun 8, Kang Mus Akan Ramaikan Sinetron Amanah Wali 7

Apabila cuaca sedang bagus, ibu dua anak ini menyebut penjemuran bisa sampai satu minggu hingga kering betul atau sampai daging bagian bawahnya berwarna hitam.

"Setelah kering saya kumpulkan, biasanya sampai sebulan kopra kering terkumpul hingga 70-80 kilogram, nanti ada pembeli ke sini," terangnya.

"Kalau bulan kemarin harga per kilogramnya mencapai Rp 5000, tapi sekarang per kilogram Rp. 4500. Ini dilakukan karena memang tidak ada kerjaan lain," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT