Sukabumi Update

Panen Cabai di Sukaraja Sukabumi, Wabup Iyos Harap Bisa Tekan Angka Inflasi

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri Panen Raya Cabai di Kampung Salaeurih Desa Selaawi Kecamatan Sukaraja, Selasa (7/3/2023). | Foto: Diskominfo Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mewakili Bupati menghadiri Panen Raya Cabai Program Ekosistem Ketahanan Pangan Terintegrasi (PANGSI) Bank Indonesia, di Pondok Pesantren Al Hikmah Kampung Salaeurih Desa Selaawi Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Selasa (7/3/2023).

Panen raya cabai ini merupakan buah dari hasil kerja kolaboratif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Dinas KUKM Jabar dengan Pesantren di Kabupaten Sukabumi, diantaranya melalui program PANGSI, program One Pesantren One Product (OPOP) serta Santri Preneur.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegitan tersebut, terlebih atas kerja kolaboratif yang luar biasa sehingga terlaksananya panen raya cabai di pesantren Al Hikmah.

“ini program yang mulia, Ada OPOP, PANGSI dan santri preneur, Alhamdulillah sudah berbuah, ini sinergitas yang sangat baik,” tuturnya.

Baca Juga: Komnas Perempuan Catat 713 Kasus Kekerasan Mantan Pacar

Menurut Wabup, panen raya cabai ini diharapkan bisa menekan angka Inflasi di Kabupaten Sukabumi, karena cabai adalah salah satu komoditi penyumbang kenaikan angka inflasi. Meskipun tidak mudah, dirinya meminta Dinas terkait untuk menekan angka inflasi di Kabupaten sukabumi.

“Mudah mudahan ketika panen hari ini, di pasar tidak langka lagi. ini mekanisme pasar yang sulit dikendalikan, tapi harus dikendalikan” bebernya.

Selain itu Wabup menyebut kolaborasi dan sinergitas yang kuat ini dapat menekan dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Sukabumi, mengingat angka stunting di Kabupaten Sukabumi yang masih cukup tinggi dan diharapkan dapat mencapai target di angka 14 persen pada tahun 2024 mendatang.

“ini tantangan bagi kita, mohon dukungan dari semua, kita ingin segera menurunkan stunting” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT