Sukabumi Update

Buruan Daftar, Pemkot Sukabumi Cari Wirausaha Baru Lewat Program Ini

(Foto Ilustrasi) Pemerintah Kota Sukabumi mendorong lahirnya wirausaha baru. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag), mendorong lahirnya wirausaha baru. Ini dilakukan lewat program inovasi pendanaan pembangunan kompetitif.

Program bernama Sukabumi Go Digital (SDG) Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Berbasis Ekonomi Digital itu juga mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ini adalah pelatihan digital marketing untuk menciptakan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan dalam bentuk wirausaha baru berbasis digital.

BAPPEDA menyatakan pelatihan tersebut disediakan gratis untuk masyarakat alias tanpa dipungut biaya apa pun. Ini disampaikan langsung lewat unggahan akun resmi BAPPEDA Kota Sukabumi @bappedasmi_official. Adapun pendaftaran pelatihan ini sudah dibuka sejak 14 April 2023 dan akan ditutup pada 25 Mei 2023.

"Jangan sampai ketinggalan peluang untuk meningkatkan skill dan pengetahuanmu. Daftarlah di pelatihan digital marketing dan jadilah yang terbaik di bidangmu," tulis unggahan di akun itu yang juga menyertakan link pendaftarannya.

Kepala BAPPEDA Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah mengatakan pelatihan digital marketing ini untuk menciptakan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan. Harapannya, wirausaha baru yang lahir dapat menggerakkan ekonomi di daerah dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Baca Juga: Masih Dibuka, 400 Orang Lebih Sudah Daftar Pelatihan Sukabumi Kece 2023

Sementara di sisi lain, Reni mengungkapkan Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan 700 orang wirausaha baru lahir. Target ini dicapai melalui program unggulan Sukabumi Kelurahan Entrepreneur Center (Sukabumi Kece). "Pelatihan Sukabumi Kece akan dilaksanakan selama tiga bulan mulai Mei 2023,” ujarnya.

Lokasi pelatihan Sukabumi Kece antara lain SMKN 3 Kota Sukabumi dan Koperasi Darussalam di Kecamatan Lembursitu. Dalam legiatan ini, peserta dapat memilih tujuh macam bidang pelatihan seperti busana, kuliner, kecantikan, membuat foto produk (ULP), perhotelan, zero waste scantries anyaman bambu, dan pertanian.

Sebelumnya, pembukaan pendaftaran Sukabumi Kece diluncurkan Pemerintah Kota Sukabumi di kantor Diskumindag pada 29 Maret 2023. Untuk menjadi peserta, warga Kota Sukabumi bisa mengecek persyaratan lainnya seperti melampirkan salinan Kartu Keluarga (KK) dan KTP serta mengisi formulir pendaftaran online.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar bisa mendatangi kantor Bidang Koperasi Diskumindag yang beralamat di Jalan Koperasi Nomor 105 atau memindai QR Code yang disediakan dalam unggahan Instagram @diskumindagkotasukabumi.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT