Sukabumi Update

120 Anak Muda Kota Sukabumi Dilatih Jadi Wirausaha Baru

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka pelatihan wirausaha baru di SMKN 3 Sukabumi pada Selasa (16/5/2023). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka pelatihan keterampilan kerja di era digital bagi wirausaha baru Sukabumi Kelurahan Entrepreneur Center (Kece) 2023 lewat pengembangan UMKM di SMKN 3 Sukabumi pada Selasa (16/5/2023).

Kegiatan ini mendorong lahirnya wirausaha muda baru berbasis digital. Hadir Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Asep Yoni dan Ketua Sukabumi Kece Dindin Solehudin serta 120 peserta Sukabumi Kece angkatan pertama 2023.

''Harus hadir pelaku usaha muda milenial di kota. Jangan sampai setelah lulus hanya mengandallan ijazah, tapi harus punya keterampilan lebih,'' ujar Fahmi.

Sebab, keberadaan pelaku usaha khususnya UMKM sangat penting terutama dalam penciptaan lapangan kerja, inovasi bisnis, dan di masa pandemi Covid-19 pelaku UMKM naik.

Sukabumi Kece, terang Fahmi, salah satu program unggulan jangan sampai anak muda yang tidak produktif tapi jadi anak muda produktif. Ia menerangkan ada dua skema yakni penciptaan wirausaha baru dan ada penguatan untuk pelaku UMKM agar tetap kokoh pun dilakukan.

''Dua sisi ini menguatkan sektor UMKM,'' kata Fahmi. Besarnya populasi generasi muda sekitar 59 persen generasi milenial bisa jadi berkah ketika anak milenial produktif.

Baca Juga: Buruan Daftar, Pemkot Sukabumi Cari Wirausaha Baru Lewat Program Ini

Teman-teman pelaku UMKM yang akan dicetak, terang Fahmi, harus konsisten dengan pilihan karena segala sesuatu harus berproses. Jadi pengusaha harus punya mental kuat.

Di sisi lain ekonomi digital terus tumbuh karena penjualan sekarang berbeda dan melibatkan teknologi. HP tidak hanya sebagai alat komunikasi tapi produksi karena penjualan proses online tidak lagi door to door.

''Momen ini mendorong pelaku usaha baru berbasis digital, tidak ada yang bisa menolak teknologi,'' kata Fahmi. Keikutsertaan Indonesia dalam forum internasional sehingga produk UMKM dapat dikenal.

Sukabumi Kece ungkap Fahmi menghadirkan tiga hal membentuk midset pengusaha beda dengan pegawai siapkan midset pengusaha. Memperkuat mental dan karakter mental petarung tidak mudah melemah dengan menambah perbekalan dan konsisten.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Diskumindag Kota Sukabumi Agus Mulyana menerangkan, program ini sebagai upaya pemkot meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di tingkat kelurahan. Program inovasi bertujuan meningkatkan kewirausahaan dengan mengembangkan pusat pelatihan dan layanan kewirausahaan di wilayah.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT