Sukabumi Update

Kirim Lulusan ke Jepang, SMK Islam Penguji Sukabumi Gandeng LPK Swasta

Kepala SMK Islam Penguji Kota Sukabumi menandatangani MoU bersama PT Generasi Putra Bangsa di acara pelepasan siswa-siswi pada Rabu (24/5/2023). | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah

SUKABUMIUPDATE.com - SMK Islam Penguji Kota Sukabumi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Generasi Putra Bangsa untuk penyaluran tenaga kerja ke Jepang. Penandatanganan kerja sama dilakukan di acara pelepasan siswa-siswi SMK Islam Penguji pada Rabu (24/5/2023).

Kepala SMK Islam Penguji Budi Supriadi mengatakan sejak 2015 sekolahnya sudah banyak mengirimkan lulusannya bekerja di luar negeri seperti Jepang dan Malaysia melalui lembaga pelatihan kerja. Namun mulai tahun ini, SMK Islam Penguji Kota Sukabumi melanjutkan program serupa lewat PT Generasi Putra Bangsa.

"Tujuannya bagaimana siswa dan siswi bukan hanya bekerja di dalam negeri, tetapi juga mau di luar negeri. Mudah-mudahan dengan bekerja di luar negeri dapat meningkatkan taraf hidup keluarganya. Semua pembiayaan ditanggung perusahaan, mungkin nanti dipotong dari gaji," kata Budi kepada sukabumiupdate.com.

Direktur Marketing dan Finance PT Generasi Putra Bangsa Dicky Jhoansyah mengatakan penandatanganan MoU tersebut tindak lanjut dari pembahasan sebelumnya dengan SMK Islam Penguji. Dicky menyebut perusahaannya merupakan lembaga pelatihan kerja (LPK) swasta yang langsung terhubung dengan perusahaan di Jepang.

Dicky juga mengungkapkan tahun ini PT Generasi Putra Bangsa memiliki target dapat memberangkatkan 200 orang dari seluruh sekolah di Sukabumi, termasuk dari SMK Islam Penguji. Adapun sektor pekerjaan yang saat ini tertinggi kebutuhannya di Jepang adalah bidang restoran, pengolahan makanan, dan keperawatan.

"Regulasinya lebih cepat karena kami langsung (terhubung) dengan perusahaan di sana (Jepang)," kata dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT