Sukabumi Update

Strategi Catumbiri, Upaya Distan Sukabumi Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Kepala Distan Kabupaten Sukabumi Sry Hastuti Harahap menjelaskan strategi Catumbiri. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi )

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pertanian (Distan) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan para petani.

Salah satu strategi yang dicanangkan untuk mewujudkannya yakni melalui strategi Catumbiri yang menjadi proyek perubahan (Proper) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap.

Menurut Tuty- panggilan akrab Sri Hastuty-, strategi Catumbiri adalah strategi pembangunan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi.

“Dan ini adalah strategi Komprehensif hulu dan hilir yang tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” kata Tuty dikutip dari akun IG Distan Kabupaten Sukabumi, Senin (10/7/2023).

Tuty menjelaskan, Catumbiri merupakan kepanjangan dari Catch the market opportunity (menangkap peluang pasar), Touch the farmer (menyentuh petani dari sisi sosialnya), Manage the technical (mengelola teknik yang baik untuk pertanian), Based on environtment capacity (berdasarkan kapasitas lingkungan) dan Re-build Collaboration (membangun kembali kolaborasi dengan semua orang).

“Harapannya melalui implementasi strategi ini, persoalan yang selama ini dihadapi petani bisa segera teratasi,” ujarnya.

Baca Juga: Berjalan Efektif dan Efisien, Harapan Distan Sukabumi Terkait Program Penyuluhan

Lebih lanjut Tuty menjelaskan, Tahap awal permodelan Strategi Catumbiri dilaksanakan di Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar. Lokasi yang dipilih merupakan lahan milik Gapoktan Sugih Mukti yang memiliki usaha tani padi organik.

“Nah ke depan, permodelan seperti ini akan dikembangkan untuk setiap wilayah dengan komoditas pertanian unggulan masing-masing,” ungkapnya.

Kemudian untuk mengimplementasikan strategi catumbiri ini, kata Tuty, dukungan berbagai pihak sangat dibutuhkan.

“Terlebih dari pimpinan, rekan, keluarga dan seluruh pihak yang peduli dengan pertanian. Selain dukungan, kolaborasi nyata adalah kunci untuk mewujudkan pembangunan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi,” kata dia.

“Jadi saya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu men-support upaya pemerintah daerah untuk selalu bersinergi membangun pertanian di Kabupaten Sukabumi. Walaupun caranya tidaklah mudah, mari menjadi bagian dari support system implementasi catumbiri strategi ini dengan optimalisasi peran masing-masing,” tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT