Sukabumi Update

Biar Melek Digital, Wali Kota Sukabumi Buka Pelatihan Vokasi Ekonomi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis ekonomi digital angkatan V bagi pelaku UMKM di Hotel Balcony pada Selasa (11/7/2023). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pembukaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis ekonomi digital angkatan V bagi pelaku UMKM Kota Sukabumi digelar di Hotel Balcony Sukabumi pada Selasa (11/7/2023).

Kegiatan yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) dan BAPPEDA Kota Sukabumi ini mendidik pelaku UMKM agar naik kelas dengan memaksimalkan smartphone sebagai alat produksi khususnya pemasaran digital.

Pembukaan pelatihan dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Sekretaris Diskumindag Asep Yoni.

''Pelatihan digital marketing ini rencananya sepuluh angkatan dan per angkatan 50 orang dan ini angkatan V,'' ujar Fahmi dalam sambutan pembukaan. Kegiatan ini bisa digelar karena kota mendapatkan prestasi dan diberikan hadiah reward berupa anggaran dari Pemprov Jabar.

''UMKM sekarang ini tidak perlu ruang besar, sebagaimana perkantoran tidak harus di kantor,'' ungkap Fahmi. "Yang paling penting kalau ingin UMKM meningkat melesat, maka kata kunci membangun desain promosi yang hebat karena tanpa promosi produk tidak mungkin dikenal."

Baca Juga: Cabai Merah Lokal Rp 85 Ribu per Kg, Laporan 10 Juli Diskumindag Kota Sukabumi

Fahmi menerangkan, saat ini pemasaran produk sifatnya tidak lagi door to door atau face to face, namun digital. ''Ingat teknologi dan zaman berubah dan tidak ada yang bisa menolak teknologi karena yang bisa dilakukan beradaptasi dengan teknologi,'' kata dia.

Fahmi menuturkan, kelebihan digital marketing di antaranya kecepatan penyebaran produk, kemudahan evaluasi, murah efektif dan membangun nama brand. Terakhir, dengan pelatihan ini UMKM Sukabumi harus melesat dari waktu ke waktu karena akan makin tumbuh dan berkembang.

Sekretaris Diskumindag Kota Sukabumi Asep Yoni menerangkan, pelatihan ini merupakan angkatan kelima setelah sebelumnya selesai angkatan pertama hingga keempat. '' Pelatihan memberikan keterampilan berupa teknologi internet dalam digital marketing,'' cetus dia.

Asep menuturkan, dulu pemasaran melalu manual dan sekarang hanya upload di internet sudah tersebar kepada masyarakat. Pelatihan angkatan kelima ini berlangsung pada 11-13 Juli 2023. (ADV)

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT