Sukabumi Update

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Kerja, Jobseeker Fresh Graduate Cek!

Ilustrasi. Wawancara | 5 Skill yang Dibutuhkan Pasar Kerja, Jobseeker Fresh Graduate Cek!(Sumber : pixabay.com/@WernerHeiber)

SUKABUMIUPDATE.com - Skill menjadi salah satu hal penting diluar faktor kuota dan orang dalam saat mencari kerja. 

Skill pencari kerja (pencaker) bisa beragam tergantung jenis pekerjaan yang dilamar. Fresh Graduate atau para lulusan baru wajib menyimak artikel berikut guna menambah wawasan sebelum resmi masuk di dunia kerja. 

Baca Juga: 5 Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi!

Berdasarkan laporan yang dilansir Times of India via Tempo, berikut 5 skill alias keahlian yang populer dicari di pasar kerja tahun 2023. Yuk, simak!

Skill yang Dibutuhkan untuk kerja

1. Komunikasi

Keterampilan berkomunikasi menjadi kunci utama dalam menciptakan hubungan yang efisien dan harmonis. Skill untuk mengungkapkan pikiran dan ide dengan jelas dan tanpa hambatan sangatlah penting. 

Selain itu, kemauan untuk mendengarkan dengan baik, memahami orang lain, dan merespons ide-ide dari rekan kerja juga merupakan faktor penting untuk menghasilkan kinerja yang baik.

2. Customer service

Dalam era pertumbuhan merek dan pasar yang pesat, customer service menjadi semakin penting. Memiliki sikap hangat, ramah, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan adalah kualitas yang dihargai dalam berbagai peran pekerjaan. 

Pengalaman buruk yang dirasakan pelanggan dapat berdampak negatif pada citra merek tersebut. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan karyawan yang berkompeten dalam tim customer service.

3. Kepemimpinan

Kepemimpinan yang kuat menjadi faktor penting dalam kesuksesan sebuah tim atau organisasi. 

Tanpa kepemimpinan yang kuat, tim dan organisasi dapat dengan mudah mengalami kegagalan. Memotivasi anggota tim, khususnya mereka yang lebih muda, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan kerja tim dan pencapaian yang baik, menjadi kualitas yang dicari dalam pemimpin. 

4. Bekerja dalam tim (teamwork)

Keterampilan bekerja sama dengan baik dan efektif bukanlah hal yang umum.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

Kemampuan bernegosiasi, membangun hubungan kerja yang baik, dan berkomunikasi dengan baik di dalam tim merupakan keterampilan yang sangat dihargai. Ini adalah keterampilan utama yang diperlukan oleh para karyawan.

5. Orientasi terhadap detail

Kemampuan untuk memperhatikan detail-detail kecil sangat penting dalam menghasilkan pekerjaan yang akurat dan selesai dengan baik. Kemampuan ini diperlukan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Keterampilan-keterampilan di atas sangat dicari dalam pasar kerja yang terus berkembang. Dengan mengembangkan ragam keahlian ini, para pencari kerja dapat meningkatkan peluang mereka untuk sukses dan menjadi pekerja yang diinginkan di pasar kerja yang kompetitif.

Baca Juga: Asal Usul Cerita Mitos Babi Ngepet, Jaga Lilin Bikin Cepat Kaya?

Seperti diketahui, pasar kerja terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan perusahaan memerlukan kemampuan, skill atau keahlian para stafnya.

Maka untuk dapat bersaing dan sukses di dunia kerja, penting bagi para pencari kerja untuk memiliki keterampilan yang relevan dan diinginkan oleh perusahaan. 

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT