Sukabumi Update

Manfaatkan Lahan Kosong, Petani Milenial di Tegalbuleud Sukabumi Kembangkan Melon

Sejumlah petani Milenial di Kampung Ciseuti RT 07/ 03 Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi sulap lahan kosong jadi tempat budidaya buah melon. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Selain tanam pepaya california dan padi, sejumlah petani milenial di Kampung Ciseuti RT 07/ 03 Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memilih memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya buah melon.

Perangkat Desa Rambay, Samudin mengatakan, budidaya melon di kampung yang dihuni penduduk kurang lebih 35 KK tersebut baru berjalan sekitar 1 tahun dengan memanfaatkan lahan seluas 3 hektar.

Baca Juga: Strategi Catumbiri, Upaya Distan Sukabumi Tingkatkan Kesejahteraan Petani

"Selain penghasil pepaya california, Desa Rambay juga mencoba untuk memanfaatkan lahan kosong dengan tanam buah melon. Pengembangan buah melon ini oleh 10 orang petani. Mereka mayoritas petani milenial di Kampung Cisuti," ujar Samudin kepada sukabumiupdate.com, Rabu 26 Juli 2023.

Menurut Samudin, setiap pekannya, satu orang petani bisa memanen 2 ton buah melon. "Mereka jual kepengepul yang ada di Rambay, dengan harga Rp 4.000 per kilogram, pengepul dibawa ke Kota Sukabumi," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT