Sukabumi Update

Profil Bisnis CV KARYA WINAZAR, UMKM Sukabumi Pemenang IEC 2023

Profil Bisnis CV KARYA WINAZAR, UMKM Sukabumi Pemenang IEC 2023 (Sumber : Instagram/@sukabumikab)

SUKABUMIUPDATE.com - CV KARYA WINAZAR yang berasal dari Kabupaten Sukabumi menjadi pemenang di acara Indonesia Entrepreneur Challenge (IEC) 2023. UMKM Sukabumi itu memenangkan Kategori Alat Rumah Tangga & Produk Kreatif.

Dari 20 pemenang UMKM IEC 2023, CV KARYA WINAZAR menjadi salah satunya yang mewakili Kabupaten Sukabumi di acara tersebut.

Manager CV KARYA WINAZAR, Asep Mulyadi pernah menjadi narasumber di Bincang Bisnis sukabumiupdate.com. Ia menceritakan bagaimana perjalanan bisnisnya hingga mampu menjangkau target pasar yang luas seperti saat ini.

Baca Juga: UMKM Sukabumi di Daftar 20 Pemenang Indonesia Entrepreneur Challenge 2023

Berikut cerita perjalanan Asep Mulyadi dalam mengembangkan bisnis CV KARYA WINAZAR. Yuk, simak profilnya!

Profil Bisnis CV KARYA WINAZAR

Asep Mulyadi, Manager CV Karya WinazarAsep Mulyadi dan Bupati Iyos Somantri, Manager CV Karya Winazar

CV KARYA WINAZAR adalah produsen atau pengrajin alat-alat dapur berbahan kayu untuk melengkapi peralatan rumah tangga. Tempat ini sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun.

CV KARYA WINAZAR dirintis oleh Bapak Haji Ahmad dan Ibu Hajah Tuti (Keluarga Asep Mulyadi), yang kala itu masih dijual dengan cara dipikul. Seiring berjalannya waktu, mereka mencoba memproduksi peralatan dapur sendiri hingga sukses mendirikan sebuah pabrik.

Hal tersebut diungkapkan Asep Mulyadi selaku manager dari CV KARYA WINAZAR di acara Bincang Bisnis bersama sukabumiupdate.com, beberapa waktu lalu.

“Orang tua kami berperan aktif merancang, merintis dari awal yang mana beliau pemasarannya dari dipikul sampai ada inisiatif menjual sendiri, membuat sendiri, sekarang mempunyai pabriknya sendiri,” tutur Asep kepada sukabumiupdate.com, dikutip Kamis (31/8/2023).

Cara mempertahankan kealamian dan keamanan produk menjadi tantangan tersendiri bagi CV KARYA WINAZAR. Ini tidak terlepas dari upaya produsen menjaga nilai jual.

“Di zaman sekarang kompetisi ketat. Adapun karena kami natural itu yang benar-benar kami jaga karena yang namanya langsung kontak sama makanan harus aman. Karena kami ini alam, alami, aman dengan produk makan,” ucap Asep Mulyadi di acara Bincang Bisnis sukabumiupdate.com.

Baca Juga: 9 Kondisi Mental Korban Silent Treatment, Dihantui Perasaan Bersalah

Hingga artikel ini ditayangkan, bisnis CV KARYA WINAZAR telah berkembang baik dan bisa memproduksi sampai 150 produk. Mahoni dan kayu pinus adalah dua bahan asal Sukabumi yang digunakan oleh pemenang UMKM IEC 2023 itu.

Total ada sebanyak 75 karyawan terdiri dari pekerja harian, borongan dan tenaga ahli. Satu orang karyawan bisa menghasilkan 200 pcs produk setiap satu kali produksi.

Adapun produk yang dijual diantaranya cobek, talenan, rolling pin, tempat minum, tempat sambal, dan peralatan dapur lain, dengan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

CV KARYA WINAZAR memasarkan produknya dengan cara tradisional, semi modern dan modern market. Pemasaran tradisional dilakukan dengan memasok peralatan dapur ke pasar tradisional, sementara modern market memanfaatkan teknologi digital (media sosial instagram) dan marketplace (shopee atau tokopedia).

Baca Juga: Kenali 9 Karakteristik Kepribadian Orang Silent Treatment, Hati-Hati Ya!

Distributor dan reseller di berbagai daerah menjadi salah satu metode CV KARYA WINAZAR untuk memperluas jangkauan pasar hingga ke seluruh Indonesia. Bahkan, produk dengan Kategori Alat Rumah Tangga & Produk Kreatif itu, mampu menembus pasar internasional di Malaysia dan Thailand.

Di acara Bincang Bisnis sukabumiupdate.com, Asep Mulyadi membagikan tips untuk para pebisnis pemula bahwa setiap usaha pasti memiliki tantangan. Oleh karena itu, resiko sekecil apapun harus diperhitungkan.

“Dibisnis tuh penuh seni, tantangan, dan harus action,” pungkas Asep.

Bagi Updaters yang ingin membeli alat-alat dapur dari CV KARYA WINAZAR bisa mengunjungi instagram @queenra.homeliving, serta marketplace shopee dan tokopedia bernama Queenra Mandiri.

Untuk diketahui, Indonesia Entrepreneur Challenge 2023 merupakan acara kolaborasi Tempo Media Group, KemenkopUKM, Kemendag, Kemenparekraf dan Orbitin.

Daftar Pemenang UMKM Indonesia Entrepreneur Challenge 2023

Kategori Kuliner

  • BOEMBOE MANDHE : Kabupaten Tanah Datar
  • UD. OMBAK BERSATU (OMBAK FOOD) : Kabupaten Lombok Tengah
  • UKM CEMPAKE : Kabupaten Lombok Tengah
  • LEGEN TREN INTERNASIONAL : Kabupaten Gresik
  • SO CHILLI BY MALANG : Kota Bima
  • AKADEMOS CRISPY : Kota Payakumbuh

Kategori Fashion

  • MAHARRANI : Kota Padang
  • CV NAYA ABIMANTRANA : Kabupaten Sidoardjo
  • COOL AND KIND : Kabupaten Lamongan

Kategori Alat Rumah Tangga & Produk Kreatif

  • WAIDA PEARL/MUTIARA LOMBOK WAIDAH : Kota Mataram
  • CV KARYA WINAZAR : Kabupaten Sukabumi
  • HQ JAYA : Kabupaten Lamongan
  • BIAR CLEAN : Kabupaten Lamongan

Kategori Agrobisnis

  • SINERGI NATURAL NUSANTARA : Kabupaten Bantul

Kategori Pendidikan

  • INSPIRASIGO : Kabupaten Lamongan

Pengelolaan Lingkungan dan & EBT

  • BANK SAMPAH PADAT KARYA : Kabupaten Agam
  • ECONELLA : Kabupaten Pinrang

Kategori Perawatan Tubuh dan Kosmetik

  • CV AROMA MATTIRODECENG : Kota Makasar

Kategori Teknologi Digital

  • DIGITIKET : Kota Semarang
  • PINTUKARIR.ID : Kota Tenggerang

Writer: Octa

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT