Sukabumi Update

Monumen Palagan: Pusat Kolaborasi saat Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-153

Kepala Museum Palagan Jajang Haris di Monumen Palagan Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Monumen Palagan Bojongkokosan di Kecamatan Parungkuda dan merupakan bagian dari museum sejarah dan kepurbakalaan, menjadi perhatian Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-153, Sabtu, 2 September 2023.

Kepala Museum Palagan Jajang Haris mengatakan acara ini melibatkan berbagai kecamatan dan desa dalam kolaborasi yang mempromosikan keberagaman dan kreativitas. "Ini sebetulnya rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sukabumi, acara kewilayahan. Ada beberapa kecamatan dan desa yang terlibat di sini," kata Jajang Haris kepada sukabumiupdate.com.

"Sudah dua tahun di Bojongkokosan. Kami (Disbudpora) saling menunjang, supaya acara ini levelnya naik, tingkat kreativitasnya lebih muncul banyak," imbuh dia.

Jajang menyebut Palagan Bojongkokosan mengundang siapa pun yang ingin menyelenggarakan kegiatan kreatif. Tempat ini memiliki potensi untuk menjadi lokasi mempromosikan budaya lokal dan UMKM. "Kami juga punya UMKM binaan, kemitraan. Selagi ada kesempatan, kita cari momen terciptanya acara supaya UMKM menjadi terekspos," ungkapnya.

Baca Juga: Disbudpora Gelar Belajar Bersama di Museum Palagan Bojongkokosan Sukabumi

Lanjutnya, kata Jajang, salah satu contohnya adalah UMKM yang menghasilkan kopi asli Sukabumi. "Kopinya harus asli dari Sukabumi, tidak boleh menjual kopi lain. Sekarang sudah mulai produksi, 100 persen produksi di sini," ujar dia.

Jajang juga mengajak untuk lebih jauh dalam kolaborasi dengan pihak terkait dan mempromosikan produk-produk lokal. "Kita berusaha dan berupaya mempromosikan dengan kementerian terkait, karena bagaimana pun juga, kalau kita ingin naik, harus ada kolaborasi yang lebih jauh lagi, lebih luas lagi," tuturnya.

Dia berharap tempat ini akan terus terjaga, saling peduli, dan menjadi lahan yang membantu mengembangkan keberagaman budaya dan UMKM di Sukabumi. "Palagan Bojongkokosan menjadi salah satu titik fokus yang penting dalam merayakan hari jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-153," kata Jajang. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT