Sukabumi Update

Local Media Summit 2023: Ada 6 Rekomendasi untuk Perkembangan Media Lokal

Ada beberapa rekomendasi yang dihasilkan dari Local Media Summit 2023 untuk Perkembangan Media Lokal. (Sumber : Istimewa.).

SUKABUMIUPDATE.com - Sampai akhir tahun lalu, Dewan Pers mencatat ada 1.732 media di Indonesia. Namun industri media yang besar ini belum diiringi kemampuan atau kapasitas bisnis mumpuni dari manajemen medianya.

Pada Local Media Summit 2023 yang menjadi pertemuan media lokal dan segmented dengan para pemangku kepentingan mulai dari platform, agency iklan, perusahaan dan pemerintahan.

Dari setiap konferensi, learning sessions, dan networking sessions di arena Local Media Summit 2023, muncul rekomendasi sebagai berikut:

Baca Juga: Local Media Summit 2023: Tantangan Jurnalisme dan Bisnis Media ke Depan

1.Pemilu 2024 telah memulai tahapan pendaftaran Capres/Cawapres dan Calon Anggota Legislatif. Kami mendorong penyelenggara dan peserta Pemilu untuk menggunakan media digital dalam sosialisasinya dengan konten yang baik tanpa hoax dan berkolaborasi dengan media lokal.

2.Media lokal dan segmented secara sadar memiliki keterbatasan sumberdaya dalam menghadapi tantangan konten, bisnis, teknologi, distribusi, hingga keberlangsungannya. Untuk itu diharapkan pemerintah, platform, agency iklan, dan Perusahaan dapat mendukung peningkatan kapasitas media lokal dengan berbagai programnya.

3. Dari sekian banyak media di Indonesia, masih sangat sedikit sekali yang fokus pada isu perempuan. Apalagi perempuan yang menjadi pemimpin di media-media lokal. Untuk itu dibutuhkan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas media perempuan agar isu perempuan bisa mewarnai konten digital Indonesia.

Baca Juga: Local Media Summit 2023 Akan Digelar Bulan Oktober

4. Perkembangan Artificial Technology (AI) telah merambah berbagai aspek, termasuk media. Kerja-kerja media dalam pembuatan konten dapat dilakukan secara mudah dan cepat dengan AI. Namun demikian butuh dukungan dari para entitas penyedia teknologi AI untuk memberikan edukasi dan support khusus kepada media lokal dan segmented. Agar mereka dapat menggunakan teknologi AI secara optimal.

5. Mendorong kolaborasi media lokal dengan influencer untuk tumbuh bersama-sama dan membangun ekosistem digital di daerah lebih baik

6. Mendorong berbagai alternatif pembiayaan untuk keberlangsungan media lokal

 

 

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT