Sukabumi Update

Ayep Zaki Hadiri Sidang Tahunan Ekonomi Umat & Forum Bisnis dan Ekspo Halal UMKM 2023

Ayep Zaki saat bersalaman dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Praktisi ekonomi dan pertanian sekaligus Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Ayep Zaki, menghadiri kegiatan Sidang Tahunan Ekonomi Umat & Forum Bisnis dan Ekspo Halal UMKM yang digelar oleh Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI 2023.

Kegiatan yang berlangsung pada 2 sampai 4 November 2023 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur ini mengangkat tema “Ketahanan Pangan dan Kemandirian Ekonomi Indonesia” dengan harapan dapat menciptakan alternatif aneka pangan dan sistem perekonomian nasional yang adil, merata, dan mandiri, khususnya bagi UMKM.

Dua agenda besar ini diawali acara pembukaan Forum Bisnis dan Ekspo Halal UMKM 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno. Dilanjutkan dengan peresmian sidang tahunan ekonomi umat oleh Wakil Ketua Umum MUI Pusat Anwar Abbas dan utusan Presiden Muhamad Mardiono.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno menyampaikan harapannya tentang kemandirian ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Peresmian Pabrik Pupuk Batubara di Riau, Komitmen Ayep Zaki Bidang Pertanian

“Ekonomi kita ke depan adalah ekonomi hijau yang bisa memastikan harga-harga murah dan insyaallah hidup berkah. Saya ingin agar acara ini bisa membawa sebuah terobosan” ucap Sandiaga Uno.

Sementara Anwar Abbas dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya konsep ketahanan pangan dan kerja sama dengan lembaga pendidikan yang fokus pada pertanian. “Tidak ada negara yang bisa berkembang dengan baik tanpa adanya ketahanan pangan," kata Anwar Abbas.

Begitu juga dengan yang disampaikan oleh Mardiono bahwa yang paling banyak memberikan manfaat dan kontribusi terbesar untuk perekonomian Indonesia yaitu dari para pedagang yang merupakan pelaku UKM.

Ayep Zaki sendiri sangat mendukung UKM di Indonesia untuk terus saling sinergi dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan dalam pemanfaatan zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf, serta berupaya menggerakkan ekonomi umat melalui koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, menjadi berbasis syariah dan menjadi pelaku utama perekonomian nasional.

Hal ini sejalan dengan program yang telah digagas oleh Ayep Zaki yaitu membangun ekosistem ekonomi yang berbasis wakaf uang guna meningkatkan produktivitas sektor pertanian, peternakan, perikanan melalui UMKM yang akan dikelola oleh Lembaga Keuangan Syariah Pengelola Wakaf Uang (LKS PWU). (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT