Sukabumi Update

Bernama Opak Ketan Jampang, Marwan Resmikan Gedung Sentra IKM di Surade Sukabumi

Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan gedung sentra IKM di Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/11/2023). | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan gedung sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di samping GOR Surade Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/11/2023). Marwan hadir bersama OPD, camat dan kepala desa se-Wilayah VI Jampangkulon, dan warga Pajampangan.

Dalam peresmian ini ditampilkan seni tari, pencak silat, pameran produk IKM Pajampangan, dan sebelumnya sudah digelar jalan santai. Marwan menyampaikan terima kasih dan penghargaan untuk Kementerian Perindustrian RI atas bantuan dana alokasi khusus tahun anggaran 2023 dan pihak yang berkontribusi dalam pembangunan.

IKM terbukti mendominasi populasi industri dalam negeri dan berperan dalam pembangunan ekonomi hingga nasional. IKM mampu menyerap tenaga kerja sangat tinggi bahkan sejak 2016 sudah 97,22 persen.

"Dengan peresmian gedung IKM ini saya yakin sharing knowledge antar pelaku IKM akan terbangun semakin baik. Kabupaten Sukabumi salah satu daerah yang dianugrahi sumber daya alam yang melimpah hingga dikenal dengan nama GURILAPSS (Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, dan Seni Budaya)," katanya.

"Intinya gedung sentra IKM ini untuk promosi produk-produk lokal wilayah Pajampangan," tambah Marwan.

Baca Juga: Disdagrin Bangun Gedung Sentra IKM di Surade Sukabumi

Marwan mengatakan berbagai produk khas Pajampangan sangat banyak dan luar biasa enak. Ketika semua itu disatukan dalam satu gedung, bisa lebih terpusat promosinya. Makanan opak sendiri dipatenkan sebagai nama gedung tersebut. Sebab, opak sudah menjadi ikon di wilayah Pajampangan.

“Pajampangan itu branding-nya opak, jadi dipakai nama gedung. Akan tetapi gedung ini nantinya akan dimanfaatkan untuk promo semua produk IKM wilayah Pajampangan," ungkapnya.

Marwan berharap dalam pemanfaatan gedung ini nantinya bisa dikelola secara baik dan bisa menjadikan produk-produk IKM Pajampangan berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Nantinya harus ada pengelola dan harus lebih kreatif agar gedung ini tetap ramai sebagai promosi produk dan edukasi, " kata dia.

Gedung Sentra IKM dibangun Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan informasi papan proyek yang terpasang, tertulis pekerjaan pembangunan gedung sarana terpadu sentra IKM Opak Ketan Jampang memiliki nomor SPMK: 000.3.3/28/PPI - DAK/Disdagin/2023. Tanggal mulai pelaksanaan 2 Mei 2023 dengan nilai kontrak Rp 7.591.387.578. Adapun waktu pelaksanaannya adalah 210 hari kalender dan dengan pelaksana PT Karya Putra Subangjaya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT