Sukabumi Update

Upaya Kendalikan Inflasi, Distan Sukabumi Canangkan Gerakan Tanam Panen Cepat

Gerakan Tanam Panen Cepat untuk komoditas cabai yang digelar Distan Kabupaten Sukabumi di Surade belum lama ini. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka pengendalian inflasi, Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi melaksanakan "Gerakan Tanam Cepat Panen" untuk komoditas cabai yang bertempat di Poktan Sumur Bandung Desa Pasiripis Kecamatan Surade, pada Kamis (23/11/2023).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap mengatakan, Kecamatan Surade dipilih sebagai lokasi gerakan ini mengingat wilayah tersebut merupakan salah satu sentra cabai khususnya cabai rawit di Kabupaten Sukabumi.

Gerakan ini, lanjut Tuty, adalah bagian dari respon cepat Distan terhadap fenomena melonjaknya harga cabai khususnya rawit merah di pasar belakangan ini. Kenaikan harga cabai menjadi penyumbang indeks perkembangan harga (IPH) di daerah.

"Selain itu, di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi juga telah turun hujan sehingga moment ini harus segera dimanfaatkan petani untuk mulai menanam," kata Tuty.

Baca Juga: Monev Pembangunan Embung Geomembrane di Ciemas Sukabumi, Ini Harapan Kadistan

Tuty berharap melalui gerakan ini produksi cabai akan meningkat dan harga cabai dapat dikendalikan mengingat sebentar lagi kita akan menghadapi moment Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang biasanya diwarnai dengan kenaikan harga beberapa barang kebutuhan pokok termasuk juga cabai.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Camat Surade, Danramil yang diwakili Babinsa, para Kepala Desa di wilayah Surade, seluruh Kepala UPTD wilayah Kabupaten Sukabumi, PPL dan POPT di wilayah VI Jampangkulon serta perwakilan Poktan di wilayah Kecamatan Surade. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT