Sukabumi Update

POPT Kalibunder-Cimanggu Juara Terinovatif Nasional, Distan Sukabumi Bangga

Sosok Egi Surya Kelana, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Jabar. (Sumber : Youtube Dokter Tanaman)

SUKABUMIUPDATE.com - Raihan prestasi yang diukir Egi Surya Kelana, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Jabar dengan wilayah kerja di Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Kalibunder, mendapat apresiasi dari Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap mengatakan, raihan prestasi yang direngkuh Egi berupa juara 1 Nasional kategori POPT Inovatif pada gelaran Lomba BPTPH berprestasi dan POPT Inovatif tahun 2023, merupakan kabar gembira untuk Distan di awal tahun 2024 ini.

"Bravo Bapak Egi, we are so Proud of you !! (kami sangat bangga denganmu)," tulis Tuty dikutip dari akun Instagram Distan Kabupaten Sukabumi, Jumat (5/1/2024).

Apresiasi Distan Kabupaten Sukabumi untuk Egy. (Sumber: IG Distan Kabupaten Sukabumi)Apresiasi Distan Kabupaten Sukabumi untuk Egi. (Sumber: IG Distan Kabupaten Sukabumi)

Tuty menjelaskan, lomba itu diselenggarakan oleh Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI. POPT sendiri merupakan petugas yang langsung mendampingi petani di lapangan. Serta memiliki tugas dan tanggung jawab terkait perlindungan tanaman pangan di wilayah kerjanya.

“Perlindungan tanaman pangan yang dimaksud meliputi perlindungan terhadap serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT/Hama dan penyakit pada tumbuhan). Serta terhadap ancaman dari dampak perubahan iklim (antisipasi dan mitigasinya).” ujar Tuty.

“Keberadaan POPT dengan inovasi-inovasinya ini sangat strategis untuk mendampingi dan membantu petani melindungi produksi pertanian dari kegagalan panen. Kami sangat bangga dengan capaian Bapak Egi,” pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT