Sukabumi Update

Berkah Tahun Politik, Percetakan di Cicurug Sukabumi Banjir Pesanan APK

Aktivitas pekerja di salah satu percetakan di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu percetakan yang berada di wilayah Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, mengalami lonjakan pesanan Alat Peraga Kampanye (APK). Imbas tahun politik atau musim Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Manajer Percetakan, Asep menyatakan bahwa pesanan cetakan Alat Peraga Kampanye sangat banyak. Bahkan, kata Dia, ada peningkatan pesanan yang signifikan dibandingkan dengan musim Pemilu 2019.

"Iya memang sekarang lagi musimnya, jadi ada peningkatan, namun sedikit berbeda dengan pemilu 2019 yang lalu. Apalagi setelah itu kita dilanda Covid-19," kata Asep, pada Selasa (30/01/2024).

Asep juga mengungkapkan, percetakan tersebut sebelumnya mengalami penurunan konsumen saat wabah Covid-19 melanda Indonesia pada tahun 2020.

"Konsumen jadi berkurang, tapi bertahap meningkat, sedikit demi sedikit lah, mulai tumbuh lagi, sehingga banyak lagi yang pesan," katanya.

Baca Juga: Bocah 6 Tahun Tertabrak Motor Saat Nyebrang Jalan di Sukabumi, Pelaku Kabur

Menurut Asep, lonjakan orderan dan pemesanan APK sudah terasa sejak Desember 2023. Caleg, tim sukses, dan relawan berbondong-bondong datang ke percetakan untuk memesan spanduk, kalender, dan stiker.

"Mulai ramainya Desember kesini, baru banyak yang bikin, dari mulai spanduk, kalender, dan stiker, tapi kebanyakan spanduk dan stiker," ungkapnya.

Pesanan alat peraga kampanye terus berlanjut sejak Desember, Asep menyebut bahwa peningkatan hingga saat ini (Januari) terus meningkat.

"Bisa dibilang cukup besar sih tidak, tapi peningkatan itu sampai sekarang ini ada sekitar 70 persen," ucap Asep.

Meski demikian, Asep enggan mengungkapkan omset yang diterima percetakan selama musim pemilu tahun 2024. "Kalau omset saya tidak bisa sebut detail, yang jelas itu pemilik yang mengetahui," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT