Sukabumi Update

Distan Panen 1 Ton Bawang Merah bersama Kelompok Tani di Simpenan Sukabumi

Poktan Cilangkap bersama Distan Kabupaten Sukabumi, melakukan panen bawang merah jenis Bima Brebes di Desa Loji. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kelompok tani (Poktan) Cilangkap di Desa Loji, Kecamatan Simpenan bersama Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi, melakukan panen bawang merah sebanyak satu ton, pada Kamis (1/2/24).

"Alhamdulillah kita tadi panen bawang jenis Bima Brebes hasilnya sangat bagus, kita panen bawang 1 ton untuk luas lahan 1000 meter persegi," ujar Ira, Kepala UPTD Pertanian Wilayah Palabuhanratu.

Ira mengatakan, bahwa poktan Cilangkap akan terus melakukan panen bawang dalam beberapa hari ke depan, sebab poktan Cilangkap memiliki 5 hektare lahan bawang merah varietas Bima Brebes.

“Kita harapkan semua hasilnya bagus dan dapat memenuhi kebutuhan bawang merah di pasar, kita juga berharap bantuan benih  bawang merah bisa terus difasilitasi dan bisa lebih banyak kelompok yang menerima bantuan," ungkapnya.

Baca Juga: Rapim Awal Tahun, Distan Sukabumi Bahas Capaian Kinerja dan Program di 2024

Ira menjelaskan, Bawang merah varietas Bima Brebes yang dipanen itu, ditanam pada pertengahan Desember 2023 lalu. "Itu merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI sebagai upaya intensifikasi bawang merah. Selain di Poktan Cilangkap, program tersebut juga diaplikasikan di Poktan Tegallega, Kecamatan Simpenan," tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan panen bawang merah itu Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Iman Surahman. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT