Sukabumi Update

Distan Sukabumi Panen Padi VUB di Gunungguruh, Berikut Hasil Produktivitasnya

Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap saat panen bersama Padi VUB jenis inpari 47 dan inpari 49 di Gunungguruh. (Sumber : IG Dinas Pertanian)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi mengabarkan bahwa dua dari empat jenis padi varietas unggul baru (VUB) yang ditanam di Kelompok Tani Gaya Baru, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, telah dipanen. Keduanya yakni jenis inpari 47 dan inpari 49.

Hal itu disampaikan Kadistan Sri Hastuty Harahap yang mengikuti Panen bersama pada Jumat (1/3/2024) dengan bidang Sarana, Kepala UPTD dan BPP Gunungguruh.

“Selain inpari 47 dan inpari 49, di sini juga ditanam inpari 37 dan respati. Untuk dua varietas yang disebut terakhir masih menunggu umur padi cukup untuk dipanen,” ujar Tuty--panggilan akrab Sri Hastuty Harahap, Selasa (5/3/24).

Menurut Tuty, panen kedua padi VUB tersebut dilakukan dengan metode pengubinan. Melalu metode itu diperoleh hasil bahwa produktivitas varietas Inpari 47 adalah 8,96 ton per hektare lebih sedikit dibandingkan dengan Inpari 49 yaitu 10,24 ton per hektare.

"Hasil ini akan dibandingkan lebih lanjut dengan 2 varietas lainnya sebagai referensi bagi petani untuk memilih yang terbaik di wilayah tersebut," tandas Tuty.

Diketahui, Display varietas padi tersebut dilakukan Distan Kabupaten Sukabumi di sejumlah wilayah Kabupaten Sukabumi. Tujuannya untuk memperkenalkan varietas unggul baru (VUB), sehingga petani dapat melihat langsung pertumbuhan tanaman padi.
Ke depan, para petani dapat memutuskan untuk menanam varietas yang paling diminati, produksi yang tinggi, dan sesuai dengan lingkungan setempat. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI