Sukabumi Update

Kota Sukabumi Bangun Earley Warning System Untuk UMKM Terdampak Pandemi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi akan menerapan earley warning system (EWS) bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak pandemi covid-19. EWS ini dibangun dalam rangka pemulihan ekonomi wilayah, khususnya di Kota Sukabumi.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat membuka kegiatan ini di Aula Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi Senin (28/12/2020) lalu. Acara ini digulirkan untuk memulihkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa pulih dan bangkit dari dampak pandemi Covid-19.  

'"Semangat kegiatan ini yakni aktivasi UMKM yang terdampak pandemi agar pulih dan bangkit kembali,'' ujar Achmad Fahmi dalam rilis humpro Kota Sukabumi. 

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang mencanangkan gerakan pemulihan ekonomi, di mana setiap daerah aktivasi dengan menguatkan dan menyehatkan UMKM yang terdampak pandemi. Dimana berbagai kegiatan dilakukan berhubungan dengan UMKM seperti memberikan perizinan dan dipermudah yakni PIRT, laik higiene dan dukungan lain terkait kemasan produk, dan transaksi digital karena yang manual mulai ditinggalkan.

BACA JUGA: UMKM Kota Sukabumi Diharapkan Tetap Produktif saat Pandemi

Selain itu berkolaborasi dengan Sukabumi Kece, pendamping UMKM Juara, ABCGM dan lainnya untuk mendorong UMKM jadi sehat dan pulih lagi setelah masa pandemi dan kuat lagi bersaing bukan hanya di Sukabumi tapi nasional. '' EWS adalah mekanisme bagaimana deteksi dini ada apa dengan usaha baik dari sisi manajemen, kelembagaan, pengelolaan keuangan ada masalah tidak,'' ungkap Wali Kota. 

Jangan sampai usaha tidak maju karena salah dari sistem keuangan dan manajemen SDM. Nantinya pendamping akan memberikan rekomendasi terkait permasalahan tersebut. Semangatnya seluruh UMKM di Kota mendapatkan penguatan baik konteks semangat kembangkan unit usaha.

Kepala Diskopdagprin Kota Sukabumi Ayi Jamiat menambahkan, sebanyak 50 UMKM di Lembursitu yang dilibatkan dalam kegiatan. '' Dalam EWS ada tahapan diagnosa UMKM dari kelembagaan, keuangan, manajemen permasalahan dan nanti ada pendampingan pendamping dari Sukabumi kece,'' kata dia.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI