Sukabumi Update

Metode Kamilah, Cara Menyenangkan Ajari Anak Baca Tulis Alquran

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga RLI (Risearch And Literacy Institut) Sukabumi melakukan pelatihan metode Kamilah. Metode ini untuk mempermudah guru dan ortu (orang tua) mengajari baca tulis Alquran kepada anak.

Pelatihan dilaksanakan pada Sabtu, 10 April 2021 di Plaza Dakwah Sukabumi, Jalan KH. Ahmad Sanusi Nomor 165 Warudoyong Kota Sukabumi. Secara sederhana, metode Kamilah ini dilakukan dengan cara bernyanyi dan menggunakan warna. 

Menurut pemateri, M. Andiansyah metode ini disusun sebagai cara lebih praktis dan menyenangkan untuk anak belajar baca tulis Alquran. Penulis buku metode Kamilah ini menambahkan bahwa dalam metode ini peran guru dan orang tua sebagai pendidik juga lebih mudah.

Jumlah peserta yang hadir pada pelatihan tersebut sebanyak 100 orang, terdiri dari orangtua, guru dan mahasiswa yang berada di Sukabumi.

Menurut Dr. Mulyawan sebagai pemateri  di pelatihan tersebut mengatakan saat ini guru dituntut untuk mencari metode dan strategi pengajaran Alquran yang lebih mudah dan aplikatif. 

Baca Juga :

Banyak metode membaca dan menulis Alquran yang ada saat ini. Mulai dari full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant  messaging, atau menggunakan website khusus sebagai learning management system (LMS). 

"Hingga sistem hybrid, yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran seperti pada metode Kamilah ini. Semoga bermanfaat," pungkasnya.

Metode Kamilah yang menggunakan Warna dan nyanyian memudahkan anak belajar membaca Alquran dan dapat mengatasi Waktu yang terbatas dengan jumlah siswa yang banyak.

Keunggulan metode ini yaitu; Belajar Mudah Membaca Al-Quran, Menulis Al-Qur'an (Khot), Tajwid Dasar, Tahsin Surat-Surat Pendek, Lembar Target Pembelajaran, 48 Video Animasi Pembelajaran dari pertemuan 1 s.d selesai. Selain itu, dalam pelatihan ini dijelaskan juga kendala-kendala pengajar dan pelajar dalam belajar Al-Qur'an, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI