Sukabumi Update

Sukses Bangun UKM dan Pendidikan, Ketua FKDB Berbagi Pengalaman dengan Ormas di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai organisasi masyarakat atau ormas yang telah sukses membangun UKM dan pendidikan sejak tahun 2005, Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa atau FKDB Ayep Zaki memberikan paparan tentang membangun kemandirian dan dukungan ormas dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Bakesbangpol Sukabumi di Caldera Kecamatan Cikidang, Senin, 31 Mei 2021.

Acara pemberdayaan ormas yang diselenggarakan Bakesbangpol Kabupaten Sukabumi tersebut bertujuan untuk mempersatukan seluruh ormas-ormas di wilayah Sukabumi yang selanjutnya diharapkan mampu membangun perekonomian, khususnya pada sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. 

Di hadapan seluruh perwakilan ormas di Kabupaten Sukabumi tersebut, Ayep Zaki berbagi pengalaman bagaimana membangun serta membina UKM dan pendidikan secara mandiri sejak tahun 2005. Hingga saat ini ia tercatat berhasil membina 253 UKM dan 22 satuan pendidikan yang tersebar di 29 provinsi dan 86 kota/kabupaten di Indonesia, serta membangun beberapa kampung tangguh.

"Saya Ketua Umum FKDB akan terus mengawal program pemberdayaan ekonomi yang akan dijalankan oleh ormas-ormas yang ada di Kabupaten Sukabumi," kata Ayep Zaki.

Baca Juga :

Selain itu, Ayep Zaki juga menyampaikan bahwa kunci sukses dalam membangun wirausaha adalah memiliki relasi yang kuat, khususnya dengan pejabat pemerintah setempat seperti yang dilakukan FKDB saat ini yaitu membangun kemitraan dengan pemerintah desa dalam menjalankan program Sukabumi Sehat dan program paroan di wilayah Sukabumi, di antaranya Desa Cihanyawar, Pangkalan, Hegarmanah, dan Cidolog.

Hal tersebut dibenarkan Danramil Cikidang, Kapten Inf. Budi yang juga turut hadir dalam acara tersebut. Ia mengatakan bahwa seluruh ormas yang ada di Kabupaten Sukabumi harus bersinergi dengan TNI ataupun dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan pembangunan perekonomian di Kabupaten Sukabumi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI