Sukabumi Update

Sembilan Kampus BUMN Buka Beasiswa Penuh Selama Kuliah, Cek Syaratnya

SUKABUMIUPDATE.com - Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara atau APERTI BUMN kembali membuka pendaftaran program beasiswa pada 12 Juni 2021. Beasiswa ini diperuntukan bagi siswa siswa lulusan SMA/SMK tahun 2020 atau 2021 yang berminat mengikuti kuliah program Sarjana atau Diploma di kampus tersebut.

Beasiswa ini hanya dibuka bagi sembilan perguruan tinggi APERTI BUMN, di antaranya Universitas Pertamina (UP), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Telkom University (Tel-U), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi Perushaan Listrik Negara (IT-PLN), Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute, dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Untuk biaya pendaftaran beasiswa APERTI BUMN ini tidak dipungut biaya. Nantinya bagi penerima beaisiswa akan mendapatkan beasiswa penuh 100 persen selama masa studi di perguruan tinggi yang dipilih dengan ketentuan berlaku di masing-masing perguruan tinggi. Beasiswa APERTI BUMN akan diberikan ke 40 mahasiswa baru yang terpilih.

Nantinya calon peserta beasiswa akan melakukan proses seleksi terlebih dahulu yakni mencakup seleksi akademik, sudah termasuk mengajukan nilai rapor dan selanjutnya akan dilakukan wawancara online. Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi calon penerima beasiswa di antaranya:

1. Siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2020 dan 2021

2. Melampirkan nilai rapor semester 1 s.d 5

3. Melampirkan sertifikat jika ada

4. Berkas pendaftaran diunggah secara online pada website perguruan tinggi yang dipilih

5. Peserta hanya boleh memilih satu tujuan perguruan tinggi

Adapun timeline yang perlu diketahui dalam mengurus beasiswa APERTI BUMN ini di antaranya, untuk pendaftaran berkas secara online dilakukan pada 12 Juni-23 Juli 2021, pengumuman seleksi administrasi pada 6 Agustus 2021, wawancara pada 9-12 Agustus 2021, dan pengumuman kelulusan pada 16 Agustus 2021.

Untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan melakukan pendaftaran berkas secara online dapat dilakukan di website masing masing perguruan tinggi:

Telkom University: https://smb.telkomuniversity.ac.id/aperti/

Universitas Pertamina: https://aperti.universitaspertamina.ac.id/

Universitas Internasional Semen Indonesia: https://pmb.uisi.ac.id/

Institut Perusahaan Listrik Negara: http://infopmb.itpln.ac.id/beasiswa/beasiswa-aperti-bumn/

Institut Teknologi Telkom Surabaya: https://smb.ittelkom-sby.ac.id/beasiswa-aperti-bumn/

Politeknik Pos Indonesia: https://pmb.poltekpos.ac.id/beasiswa/

Sekolah Tinggi Manajemen Logistik: https://pmb.stimlog.ac.id/beasiswa-aperti/

Institut Teknologi Telkom Purwokerto : https://pmb.ittelkom-pwt.ac.id/

BRI Institute: https://bri-institute.ac.id/beasiswa-aperti-bumn/

Sumber: Tempo

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI