Sukabumi Update

Bagaimana Sebuah Startup Berubah Menjadi Unicorn?

SUKABUMIUPDATE.com - Startup dan Unicorn memiliki kesamaan yakni perusahaan yang bergerak menggunakan basis teknologi digital. Namun, ternyata ada sejumlah perbedaan diantara kedua jenis perusahaan yang sedang masif berkembang di seluruh dunia tersebut.

Dilansir dari suara.com, Startup adalah sebuah perusahaan yang berbasis mengembangkan teknologi dalam berbagai bidang.

Sebuah perusahaan bisa dikatakan sebagai Unicorn jika memenuhi berbagai syarat, utamanya adalah nilai valuasi atau kekayaan yang dimiliki oleh sebuah Startup.

Jika Startup adalah perusahaan rintisan secara umum, maka Startup baru bisa dikategorikan sebagai Unicorn jika nilai valuasinya menyentuh angka 1 miliar USD.

Jenis-jenis Startup

photo(Ilustrasi) Perusahaan Startup. - (via qoala.app)</span

Berdasarkan nilai valuasi ini, Startup dibagi menjadi tiga. Selain Unicorn ada juga decacorn dengan nilai valuasi 10 miliar dolar Amerika Serikat dan Hectacorn dengan nilai valuasi minimal 100 miliar dolar Amerika Serikat.  

Pengertian Unicorn juga menjadi tolok ukur kesuksesan sebuah Startup. Pasalnya dengan nilai valuasi sebesar Unicorn, sebuah Startup dianggap telah mampu mengimbangi kesuksesan perusahaan-perusahaan besar.

Riset terbaru mencatat sedikitnya terdapat 400 Startup di dunia yang bergelar Unicorn pada 2020. Beberapa di antaranya ada di Indonesia. 

Enam contoh Unicorn di Indonesia adalah Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, OVO dan JD.id. Perusahaan-perusahaan itu menjadi Unicorn setelah mencapai nilai valuasi tertentu.

Tengok saja yang terjadi pada layanan ojek online Gojek. Bisnis hasil gagasan Menteri Pendidikan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim ini dirintis mulai 2010 lalu.

Kini Gojek menyandang gelar Unicorn karena mengantongi dana lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 14 triliun sejak Agustus 2016 dan menempatkannya sebagai Unicorn pertama di Indonesia.

Di samping itu, Gojek juga bermitra dengan jutaan pengusaha di Indonesia lewat layanan Go Food dan ikut berperan dalam kemajuan ekonomi nasional.

Sama dengan Gojek, Bukalapak juga disematkan sebagai Startup kategori Unicorn lewat layanan marketplace. 

Perusahaan ini menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsumen lewat bantuan aplikasi.

Inovasi yang dilakukan Bukalapak membuat mereka memperoleh pendanaan dari perusahaan Elang Mahkota Teknologi atau Emtek. 

Selain menjalankan bisnis, Bukalapak juga membuka kantor pusat untuk penelitian dan pengembangan. Perusahaan ini mengembangkan kecerdasan buatan bahkan menggagas adanya toko tanpa kasir.

Sumber: suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI