Sukabumi Update

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Tahun 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Cara mendapatkan uang dari YouTube di tahun 2022 merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi Anda. 

Melansir dari suara.com, semenjak kemunculannya pada 14 Februari 2005 silam, YouTube telah memiliki 170 juta pengguna atau 93,8 persen dari total keseluruhan populasi 181,9 juta pengguna Internet berusia 16-64 tahun yang ada di seluruh dunia.

photo(Ilustrasi) Menjadi Youtubers adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Youtube. - (via compartirenfamilia.com)</span

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :

1. Membuat Channel YouTube

Cara pertama adalah Anda dapat membuat konten-konten menarik yang dapat mendatangkan viewer (penonton) pada channel YouTube yang Anda miliki. 

Caranya cukup mudah, yakni dengan cara sign in (masuk) ke YouTube Anda dengan menggunakan akun Google.

2. Monetisasi Channel

Untuk monetisasi channel YouTube Anda, caranya adalah dengan sign in ke akun YouTube Anda, lalu pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. 

Kemudian pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. selanjutnya pilih “Enable Monetisation”, Kemudian setujui agreement (perjanjian) yang ada.

3. Melakukan Optimasi

Setelah melakukan monetisasi channel, Anda dapat melakukan optimasi untuk menambahkan engagement (keterlibatan pengikut atau subscriber) channel yang Anda miliki. 

Namun, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

  • Video harus user-friendly
  • Kontennya harus karya orisinil agar channel YouTube anda dapat di-promote
  • Jangan melakukan copyrighted videos atau plagiat konten, karena akan mempengaruhi kualitas channel Youtube Anda sehingga sistem monetisasi tidak akan berjalan. 
  • Video yang Anda buat harus memperhatikan "Terms of Service" dan "Community Guidelines" yang telah dibuat oleh pihak YouTube

Ketika video Anda diaktifkan fungsi monetisasinya, beberapa iklan akan muncul di video Anda berikutnya.

4. Menjual dan Promosi Produk Melalui Video

Bagi Anda yang memiliki produk sendiri, Anda dapat memanfaatkan YouTube sebagai platform untuk melakukan penjualan dan promosi. 

Contohnya, Anda bisa menyelipkan promosi produk di tengah konten yang Anda miliki.

5. Mengarahkan Traffic ke Link Afiliasi

Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link yang sudah Anda siapkan.

6. Melakukan Streaming

Selain membuat konten-konten menarik yang dapat menarik viewers, Anda juga dapat melakukan live streaming di YouTube. 

Beberapa ide konsep live streaming yang dapat Anda lakukan yakni musik, game dan tutorial, edukasi bahkan olahraga.

7. Menonton Video Lain

Cara ini cukup tricky, yakni dengan cara melakukan streaming video lain dengan memanfaatkan aplikasi eksternal seperti Baymack, Watch2earn, Paid2Youtube, Swagbucks, You-Cubez dan lain-lain.

8. Sambungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah berhasil melakukan monetisasi channel, Anda dapat menyambungkan channel YouTube yang Anda miliki ke Google AdSense.

Caranya, Anda harus melakukan associate dan approved AdSense account ke YouTube account yang Anda miliki.

Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan analisis dan pemantauan penghasilan channel YouTube Anda.

Namun, untuk mendapatkan uang dari AdSense, Anda harus melengkapi atau megikuti Youtube payment threshold yang ada.

Sumber: suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI