Sukabumi Update

Belajar Aturan Bisnis Ala Tim Cook

SUKABUMIUPDATE.com - Aturan bisnis, bagi pebisnis kerap sekali dijadikan patokan untuk menjalankan atau memulai bisnis mereka. Namun, hal ini berbeda dengan pemikiran Tim Cook. 

Beberapa perusahaan dan industri, biasanya telah beroperasi dengan cara yang sama menggunakan aturan yang sama untuk waktu yang lama.

Baca Juga :

Hal tersebut dikarenakan satu alasan, yaitu karena cara dengan aturan tersebut sudah terbukti berhasil.

Namun berbeda dengan cara atau aturan bisnis yang dikemukakan oleh Tim Cook.

Dilansir  YouTube Dr. Indrawan Nugroho, berikut adalah aturan bisnis yang dikemukakan oleh Tim Cook.

Tidak Mengikuti Aturan!

photoIlustrasi Aturan - (iStock)

Chief executive officer (CEO) di perusahaan multimedia Apple Inc tersebut menyampaikan kepada seorang mahasiswa yang berkunjung ke kampusnya terkait aturan atau perkataan yang dikemukakan oleh seorang profesor harus selalu diikuti atau tidak.

Cook menyatakan, jika menurutnya, Anda harus sejarang mungkin mengikuti aturan dan Anda lah yang harus menulis aturan tersebut.

Cook mencatat bahwa seringkali orang-orang yang mengikuti aturan, pada akhirnya menjadi sama seperti orang lain. 

Membuat Aturan Sendiri

photoMembuat Aturan Sendiri - (iStock)

Maka satu-satunya cara agar kita bisa unggul dari yang lain, baik sebagai individu maupun perusahaan menurut Cook, adalah dengan menulis aturan sendiri.

Itu adalah konsep yang sering kali dibicarakan oleh Steve jobs, salah satu pendiri dari Apple.

Dalam pidatonya yang terkenal di Stand Perth, Steve jobs yang telah meninggal pada tahun 2011 mengatakan kepada para lulusan di Stand Perth, untuk mengambil resiko dan tidak hidup dengan hasil pemikiran orang lain.

Di dunia dimana aturan harus diikuti ternyata melanggar aturan atau membuat aturan sendiri dapat menciptakan kesuksesan untuk Anda.

Dalam dunia bisnis, dimana sebagian besar perusahaan seringkali berpuas diri, maka kesediaan untuk menulis aturan Anda sendiri dan memetakan jalur baru Anda sendiri justeru mengarah pada pertumbuhan yang eksponensial.

Hal ini memang akan sulit, bukan perkara mudah untuk benar-benar tahu bagaimana cara menulis aturan sendiri.

Disisi lain, dibutuhkan keberanian yang cukup besar untuk melakukan sesuatu yang baru, juga dibutuhkan kesadaran bahwa Anda bisa saja gagal, karena faktanya memang peluang sebuah gagal sangat besar. 

Berbicara tentang kegagalan, dalam situasi pandemi beberapa tahun ke belakang  yang tengah melanda dunia. Haruslah dijadikan waktu yang paling tepat untuk mengambil resiko serta bagaimana hasil dari resiko tersebut.

Pemikiran tersebut mungkin berlawanan dengan intuisi, tapi banyak perusahaan besar dibangun justeru pada saat terjadi prahara besar.

Tidak ada hal yang lebih baik dari pada hari ini, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba dan melihat bagaimana hasilnya.

Ketika berpikir untuk mengikuti aturan dalam bisnis atau industri, cobalah pikirkan lagi, seperti yang telah dibuktikan Apple berkali-kali.

“Menulis aturan sendiri bisa menjadi jalan terbaik dan perusahaan menuju suksesmu,”

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI