Sukabumi Update

Turis Asing Banjiri Thailand, Legalisasi Ganja Disebut Jadi Penyebabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Thailand menjadi salah satu negara yang melegalkan penggunaan ganja bagi warganya. Hal itu juga disebut-sebut telah menyebabkan negara Thailand dibanjiri turis asing.

Selain legalisasi ganja, pelonggaran aturan masuk juga menjadi salah satu faktor banyaknya turis asing yang berkunjung ke Thailand.

Melansir dari Tempo.co, turis asal India dan Malaysia membanjiri Thailand setelah pelonggaran aturan masuk. Sedikitnya dua juta wisatawan datang sejak awal tahun dan memberikan dorongan bagi kebangkitan ekonomi.

Kedatangan turis asing mencapai 2,03 juta antara 1 Januari dan 26 Juni, kata wakil juru bicara pemerintah Traisuree Taisaranakul dalam sebuah pernyataan, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga :

Dia mengatakan pelancong dari India, Malaysia, Inggris, Singapura, dan AS menduduki daftar teratas.

Industri pariwisata Thailand, yang hampir hancur selama pandemi, memperkirakan kedatangan rata-rata bulanan melonjak menjadi sekitar 1,5 juta setelah negara itu menghapus pendaftaran pra-perjalanan dan asuransi kesehatan wajib mulai 1 Juli.

Thailand telah melonggarkan sebagian besar pembatasan era pandemi pada perjalanan dan bisnis.

Pekan lalu, pemerintah mencabut mandat masker serta mengizinkan pub dan bar untuk kembali ke jam operasional normal.

Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari upaya menopang ekonomi yang bergantung pada pariwisata untuk menghasilkan sekitar 12% dari produk domestik bruto sebelum pandemi.

Mata uang yang lebih lemah dan legalisasi ganja baru-baru ini juga dapat membantu membawa kembali lebih banyak turis ke Thailand, kata menteri pariwisata dan olahraga Phiphat Ratchakitprakarn pekan lalu.

photo(Ilustrasi) Legalisasi ganja di Thailand - (IST)</span

Kementerian telah menetapkan perkiraan "konservatif" untuk menarik 7,5 juta kedatangan turis asing tahun ini, berdasarkan asumsi bahwa turis China akan tetap absen karena kebijakan nol-Covid negara itu dan faktor dalam perang di Ukraina, katanya.

Sementara Thailand tidak mungkin melihat tingkat kedatangan turis pra-Covid tanpa pengunjung China, pelonggaran pembatasan perjalanan secara bertahap untuk pelajar dan eksekutif bisnis dan dimulainya kembali penerbangan antara kedua negara menawarkan optimisme untuk kembalinya wisatawan di paruh kedua, kata Traisuree.

Turis China mencapai hampir 30% dari total 40 juta turis yang masuk Thailand pada 2019, tahun sebelum pandemi.

SUMBER: FREE MALAYSIA TODAY | TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI