Sukabumi Update

Bom Meledak di Somalia Tewaskan 100 Orang dan Ratusan Lainnya Luka-luka

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Somalia mengatakan sedikitnya 100 orang tewas dalam dua pemboman mobil pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 di ibu kota Somalia, Mogadishu.

"Orang-orang kami dibantai, termasuk ibu-ibu dengan anak-anak mereka, ayah yang memiliki kondisi medis, siswa yang dikirim untuk belajar, pengusaha yang berjuang dengan kehidupan keluarga mereka," kata Presiden Somalia, Hassan Sheikh Mohamud setelah mengunjungi lokasi ledakan bom seperti melansir dari Tempo.co.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Presiden Mohamud menuding serangan dilakukan oleh kelompok al Shabaab. 

Al Shabaab biasanya tak menyatakan bertanggung jawab atas serangan yang mengakibatkan banyak korban.

Ledakan pertama menghantam kementerian pendidikan di dekat persimpangan sibuk di Mogadishu. 

Yang kedua terjadi ketika ambulans tiba dan orang-orang berkumpul untuk membantu para korban. 

Gelombang ledakan menghancurkan jendela di sekitarnya. Darah menutupi aspal di luar gedung.

Serangan itu terjadi di tempat yang sama dengan pengeboman terbesar di Somalia, yang menewaskan lebih dari 500 orang, pada bulan yang sama di tahun 2017. 

Dalam ledakan itu, sebuah bom truk meledak di luar sebuah hotel yang ramai di persimpangan K5, yang dipenuhi dengan kantor-kantor pemerintah, restoran dan kios.

Mohamud mengatakan jumlah korban bisa bertambah. Dia telah menginstruksikan pemerintah untuk memberikan bantuan medis segera kepada yang terluka. Beberapa korban bom mobil di antaranya berada dalam kondisi serius.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co | Reuters

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI