Sukabumi Update

Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Tajikistan Timur Dekat Perbatasan China

Ilustrasi. Tajikistan diguncang gempa magnitudo 7,2, ini menjadi gempa besar dalam beberapa hari terakhir yang mengguncang wilayah Asia | Foto: Pixabay/Tumisu

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah sebelumnya Turki dan Suriah diguncang dengan gempa besar yang menyebabkan ribuan orang menjadi korban, kini giliran Tajikistan yang diguncang gempa besar.

Negara yang berada di Asia Tengah itu diguncang gempa berkekuatan 7,2 pada Kamis, (23/2/2023), sekitar pukul 08:37 waktu setempat.

Episentrum gempa berada di kedalaman 10 km. Mengutip dari Tempo.co, televisi pemerintah China CCTV melaporkan, mengutip Pusat Jaringan Gempa Bumi China.

Baca Juga: Jadi Empat Orang, Menlu Ungkap Identitas WNI Korban Tewas Gempa Turki

Pusat gempa berada sekitar 82 km dari perbatasan terdekat dengan China dan sangat terasa di Kashgar dan Artux di bagian barat wilayah Xinjiang, lapor CCTV.

Menurut Badan Survei Geologi AS [USGS], gempa berkekuatan 6,8 dengan pusat di kedalaman sekitar 20,5 kilometer.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania [EMSC] melaporkan gempa berkekuatan 7,1 merevisi ukuran gempa menjadi 6,3.

USGS memperkirakan bahwa "sedikit atau tidak ada populasi" yang akan terkena tanah longsor akibat gempa tersebut.

Baca Juga: Christian Atsu Eks Pemain Chelsea Ditemukan Meninggal Akibat Gempa Turki

Pusat gempa tampaknya berada di Gorno-Badakhshan, wilayah timur semi-otonom yang berbatasan dengan Afghanistan dan China.

Gempa susulan berkekuatan 5,0 melanda daerah sekitar 20 menit setelah gempa awal. Sejauh ini belum ada laporan tentang dampak dari gempa Tajikistan tersebut.

Sumber: Tempo.co (Reuter)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT