Sukabumi Update

13 Negara Islam di Dunia Idul Fitri 21 April, 4 Lainnya Tetapkan 22 April

Ilustrasi. Masyarakat Arab Saudi saat memperhatikan hilal 1 Syawal 1444 H. | 13 Negara Islam di Dunia Idul Fitri 21 April, 4 Lainnya Tetapkan 22 April (Sumber : Al Araby)

SUKABUMIUPDATE.com - Idul Fitri di seluruh Dunia mayoritas dirayakan pada hari ini, Jumat, 21 April 2023. Bahkan di Indonesia termasuk Sukabumi, sebagian umat Muslim telah melaksanakan Shalat Ied tadi pagi, khususnya PP Muhammadiyah.

Namun jika memperluas jangkauan dengan limitasi Umat Islam, tercatat ada 13 Negara Islam yang merayakan Idul Fitri pada 21 April. Ketiga belas Negara Islam tersebut, seperti melansir dari anews.com.tr diantaranya Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Yaman, Bahrain, Mesir, Palestina, Kuwait, Lebanon, Suriah, Sudan, Yordania, dan Irak.

Diumumkan bahwa hari Jumat adalah hari pertama Idul Fitri setelah bulan Syawal terlihat, menurut pernyataan yang dibuat oleh Royal Court of Saudi Arabia.

Baca Juga: Hukum Puasa Ramadan saat Ada yang Lebaran Idul Fitri, Simak Penjelasannya Disini

Dalam pernyataan otoritas di Qatar, UEA, Yaman, Bahrain, Mesir, Palestina, Kuwait, Lebanon, Suriah, Sudan, Yordania, dan Irak, 20 April ditetapkan sebagai hari terakhir Ramadan dan 21 April ditetapkan sebagai hari pertama Ramadan. Syawal. Dikatakan bahwa itu akan dirayakan sebagai Hari Raya Idul Fitri.

Di sisi lain, pihak berwenang di Iran, Oman, Maroko dan Libya mengumumkan bahwa bulan Ramadan akan selesai dalam 30 hari karena bulan sabit Syawal tidak terlihat, Jumat, 21 April, adalah hari terakhir Ramadan. Maka empat Negara Islam tersebut -sama seperti Indonesia- akan merayakan Idul Fitri pada Sabtu, 22 April.

Idul Fitri dapat dirayakan pada hari yang berbeda, karena beberapa Negara Islam menganggap bulan sabit terlihat di negara mereka sendiri daripada di tempat lain di dunia.

Baca Juga: Ucapan Idul Fitri: Taqabbalallahu Minna Wa Minkum atau Minal Aidin Wal Faizin?

Sebelumnya diberitakan, Dr. Hamdani Khalifah seperti dikutip orbitindonesia.com menyampaikan bahwa kedua pilihan tersebut sudah teruji secara astronomis dan diakui oleh al.Quran, Sunnah dan sains modern.

Lantas Hamdani Khalifah menyebutkan bahwa pelaksananaan Idul Fitri di berbagai negara di dunia mayoritas dilaksanakan pada 21 April. Ia menyebutkan Idul Fitri pada 22 April hanya di 4 negara di Asia Tenggara, itu pun penduduknya banyak yang memilih 21 April. Sedangkan yang melaksanakan idul fitri tanggal 21 April terdapat 60 negara.

Dan Indonesia termasuk satu diantara empat negara di Asia Tenggara yang merayakan Idul Fitri pada Sabtu, 22 April.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT