Sukabumi Update

Tambahan 90 Ribu Galon Air Zam-Zam Dikirim ke Tanah Air: Jemaah Dapat 10 Liter

Ilustrasi - Tambahan 90 Ribu Galon Air Zam-Zam Dikirim ke Tanah Air: Jemaah Dapat 10 Liter. | (Sumber : kemenag.go.id/Solla Taufiq.)

SUKABUMIUPDATE.com - PPIH Arab Saudi secara bertahap telah mengirimkan tambahan air zam-zam bagi jemaah haji Indonesia. Tercatat, sebanyak 90 ribu galon air Zam-zam ukuran 5 liter sudah dikirim PPIH dari Arab Saudi ke Tanah Air.

"Sampai hari ini, baru 90 ribu galon air zam-zam yang sudah kita kirim. Jadi, masih banyak yang harus dikirim," terang Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Haryanto, Kamis, (13/7/2023) di Jeddah, Arab Saudi, sebagaimana dikutip via laman resmi Kemenag.

Haryanto mengatakan, air Zam-zam tambahan itu akan disalurkan ke 13 Embarkasi di seluruh wilayah Indonesia. Metode pengambilannya menunggu informasi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di masing-masing daerah.

Baca Juga: 13 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Patut Ditiru, Yuk Lakukan

"Soal pengambilan air zam-zam, akan ada informasi lebih lanjut dari Kanwil Kemenag," kata Haryanto.

"Secara teknis, jemaah atau keluarga jemaah bisa mengambil di Embarkasi dengan membawa paspor jemaah bersangkutan. Waktunya menunggu informasi dari Kanwil, ya," tambahnya menjelaskan.

Diketahui, di tahun 2023 ini jemaah haji Indonesia akan memperoleh tambahan air Zam-zam sebanyak 5 liter. Sehingga, jika ditotal jemaah haji akan menerima sebanyak 10 liter air Zam-zam dengan rincian 5 liter pertama diterima saat tiba di debarkasi dan 5 liter berikutnya menunggu tahap dua dari Saudi Arabia.

Baca Juga: 50 Kata-kata Motivasi Agar Hidup Anda Sukses dan Penuh Kebahagiaan

"Setibanya di tanah air. Jemaah menerima air zam-zam sebanyak 5 liter. Untuk air zam-zam tambahan, secara bertahap mulai dikirim dari Saudi Arabia," Jelas Haryanto.

Tambahan 5 liter air Zam-zam itu menjadi berkah tersendiri bagi jemaah haji Indonesia. Pasalnya, sejak kurun waktu 10 tahun terakhir jemaah haji Indonesia hanya mendapatkan air Zam-zam sebanyak 5 liter saja.

Kabar menggembirakan itu disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yagut Cholil Qoumas bersamaan dengan momen pelepasan keberangkatan jemaah haji kloter pertama di Embarkasi Batam (BTH 01), 3 Juli 2023, di Syisyah, Makkah.

Sumber: Kemenag.go.id

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT