Sukabumi Update

Arab Saudi Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Rabu 10 April 2024

(Foto Ilustrasi) Arab Saudi mengumumkan hari raya Idul Fitri yang menandai berakhirnya puasa Ramadhan akan dimulai pada Rabu, 10 April 2024. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Arab Saudi, rumah bagi tempat suci umat Islam, mengumumkan pada Senin, 8 April 2024, bahwa hari raya Idul Fitri yang menandai berakhirnya puasa Ramadhan akan dimulai pada Rabu, 10 April 2024.

“Mahkamah Agung menetapkan besok hari terakhir #Ramadan dan Rabu sebagai hari pertama #Idul Fitri,” demikian pernyataan resmi Saudi Press Agency di akun X-nya.

Mengutip tempo.co, waktu Idul Fitri ditentukan penampakan bulan sabit, sesuai penanggalan lunar umat Islam. Media Arab Saudi melaporkan bulan sabit tidak terlihat pada Senin.

Uni Emirat Arab dan Qatar juga mengumumkan Idul Fitri, hari libur yang biasanya dirayakan dengan pertemuan keluarga, akan dimulai pada Rabu.

Selama sebulan, umat Muslim menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja. Mereka berbuka puasa di malam hari dengan berkumpul bersama keluarga dan teman.

Ramadhan juga merupakan waktu untuk berdoa. Umat beriman berkumpul dalam jumlah besar di masjid-masjid, terutama pada malam hari.

Baca Juga: Kapan Lebaran 2024? Cek Info Sidang Isbat hingga Hukum Hari Idul Fitri Berbeda

Penduduk Arab Saudi akan merayakan hari raya Idul Fitri selama empat hari. Otoritas Hiburan Umum Saudi (GEA) telah menerbitkan rangkaian acara Idul Fitri 2024, yang menampilkan berbagai kegiatan seperti pertunjukan kembang api, konser musik, pertunjukan teater, dan banyak lagi. Acara tersebut akan berlangsung di seluruh Kerajaan dengan tema "Idul Fitri Anda Ada di Antara Keluarga dan Orang Tercinta Anda".

Tema Idul Fitri ini menangkap esensi perayaan dan kegembiraan yang dibagikan oleh individu, keluarga, dan bahkan bisnis. Perayaan ini dirancang untuk menarik berbagai kelompok umur dan memastikan pengalaman Idul Fitri yang inklusif bagi semua orang, menurut GEA.

Untuk merayakan Idul Fitri, kembang api akan menerangi langit di wilayah Kerajaan pada pukul sembilan malam setiap malam, dimulai pada hari pertama Idul Fitri.

Serangkaian pertunjukan teater akan menampilkan aktor-aktor Arab. Pada 14 April, Teater Mohammed Alali di Riyadh akan menampilkan drama "The Neighbor", sedangkan Jeddah akan menjadi tuan rumah drama "The Red Box" di Teater Batterjee Medical College, pada 13 April.

Sementara itu, Teater Alasala Colleges di Dammam akan menjadi tuan rumah pada tanggal 14 April dan menampilkan drama "Ors Aljen". Arab Saudi juga akan menggelar delapan konser musik yang diadakan di berbagai kota.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT