Sukabumi Update

Perkenalkan, Bocah 4 Tahun Sudah Baca 1.000 Buku!

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang bocah berusia empat tahun di Amerika Serikat (AS) telah membaca lebih dari 1.000 buku. Daliyah Marie Arana bahkan telah terbiasa dengan buku saat masih di dalam kandungan.

Ibu sang bocah Daliyah, Haleema Arana, kerap membacakan buku cerita ketika Daliyah masih bayi. Bocah ini juga sering mendengar kakaknya membaca buku dengan suara keras di rumah mereka yang terletak di Gainesville, Florida, AS.

Pada saat berusia sekitar 18 bulan, Daliyah telah mengerti kata-kata dalam buku-buku yang dibacakan ibunya.

"Dia ingin mengambil alih dan membacanya sendiri," kata Arana, dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post.  "Semakin banyak kata  yang dia pelajari, semakin dia ingin membaca," ujar Arana.

Ketika usia Daliyah memasuki  2 tahun 11 bulan, usia yang bagi kebanyakan anak hampir tidak memahami konsep teks membawa pesan, Daliyah telah membaca buku pertamanya sendiri.

Di usia 4 tahun, Daliyah telah membaca lebih dari 1.000 buku dan bahkan ia telah berhasil membaca buku pengetahuan bagi tingkat perguruan tinggi.

Dalam membaca, Daliyah selalu dibantu oleh kedua kakaknya dan juga orangtuanya, terutama untuk membantunya memahami jika terdapat kalimat atau kata-kata yang agak sedkit sukar.

Menurut ibunya, Daliyah telah membaca 1.000 buku saat menginjak usia 3 tahun. Daliyah berencana membaca sebanyak 1.500 buku sebelum memasuki Taman Kanak-kanak.

Orangtua Daliyah tidak pernah mengetahui level membaca anaknya, namun yang mereka tahu bahwa Daliyah mampu mencerna buku bagi anak usia 10 sampai 12 tahun dan bahkan mampu membaca buku tertentu bagi mahasiswa.

Berkat kemampuannya tersebut, Perpustakaan Nasional Amerika Serikat (Library of Congress) lantas mengundangnya untuk melakukan tur dan memberikan kartu anggota Perpustakaan Nasional kepada Daliyah.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI