Sukabumi Update

Setahun, Korban Crane Jatuh di Mekkah Belum Terima Santunan

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin membeberkan progres penanganan kasus jatuhnya crane di Masjidil Haram, pada ibadah haji 2015 lalu. Lukman mengatakan pemerintah Arab Saudi mulai mendata korban jatuhnya crane dengan tim yang dipimpin Gubernur Mekkah.

Lukman mengatakan data lengkap korban tersebut akan dijadikan dasar untuk penggunaan dana oleh Kementerian Keuangan setempat. "Meski belum cair, tetapi ada progres," kata Lukman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (16/1).

Pada September 2015, sebanyak 107 jamaah haji tewas dan 238 lainnya terluka setelah sebuah crane jatuh dan menimpa jemaah yang sedang berkumpul di Masjidil Haram di Mekah. Terdapat tujuh warga jemaah haji asal Indonesia yang tewas dalam insiden tersebut.

Pascainsiden tersebut, Raja Salman Bin Abdul Aziz pun memerintahkan keluarga korban dibayar satu juta riyal (Rp 3,6 miliar) sebagai kompensasi. Dia juga memerintahkan pembayaran sebesar 500.000 riyal (Rp 1,8 miliar) bagi korban yang terluka.

Namun, hingga 2016, korban crane roboh di Mekah, belum mendapat santunan yang dijanjikan pemerintah kerajaan Arab Saudi. Padahal insiden tersebut sudah lebih dari satu tahun berlalu.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI