Sukabumi Update

Cina Tutup 100 Lebih Lapangan Golf demi Lindungi Petani

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Cina menutup lebih dari seratus lapangan golf di seluruh wilayah negara itu demi melindungi lahan petani. Langkah ini diambil setelah bertahun-tahun gagal mengatasi menjamurnya lapangan golf itu. 

Sejak 2004, pemerintah Cina sudah melarang pembangunan lapangan golf di atas lahan milik petani dan lahan yang menjadi sumber air. Namun proyek baru terus dibangun semata-mata memenuhi permintaan yang meningkat dari golongan kaya di Cina. 

Seperti yang dilansir Telegraph pada Senin (23/1), Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Cina mengatakan dari 683 lapangan golf, 111 di antaranya segera ditutup menyusul operasi yang diluncurkan pada 2011. 

Badan itu juga menggarisbawahi, kesalahan dilakukan pengembang adalah penggunaan tanah pertanian secara ilegal, dibangun di atas lahan produksi sumber air, dan konstruksi di atas tanah cadangan. 

Sebanyak 18 lahan yang dipakai untuk membuat lapangan golf dikembalikan ke pemilik lahan dan 47 lahan lapangan golf yang sedang dibangun, dihentikan pembangunannya.

Golf telah menjadi olahraga yang populer di kalangan pejabat Cina. Namun permainan golf dianggap melanggar disiplin oleh Partai Komunis Cina. Sering pula permainan golf ini dikaitkan dengan korupsi.  

Golf dicap "olahraga untuk jutawan" oleh Mao Tse-tung setelah ia berkuasa pada 1949. Presiden Xi Jinping berkampanye untuk menentang golf.

 

Sumber: TEMPO

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI