Sukabumi Update

Ukraina Sita Peluru Kendali Buatan Rusia untuk Iran

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Ukraina menyita pesawat kargo yang berisi peluru kendali anti-tank buatan Rusia yang akan diterbangkan ke Iran. Pesawat berikut peluru kendali disita di bandara Zhulyany di Kiev, ibu kota Ukraina.

Seperti yang dilansir Al Arabiyah pada  hari Minggu (22/1), pesawat  berisi peluru kendali  ditemukan oleh polisi perbatasan Ukraina di bandara Kiev dalam pemeriksaan 17 kontainer yang tidak terdaftar dalam manifesto kargo penerbangan tersebut.

Seorang juru bicara polisi menjelaskan,  tiga kontainer di antaranya ditemukan menyimpan rudal yang ringan, inframerah peluru kendali anti-tank. Sedangkan sisanya berisi suku cadang pesawat.

Selama penyelidikan terhadap anggota kru pesawat tersebut yang berasal dari Iran dan Ukraina, belum diperoleh penjelasan tentang pengiriman senjata itu. Kru pesawat dinilai melanggar hukum internasional tentang transportasi barang dan senjata. 

Sanksi PBB terhadap Iran dicabut tahun lalu di bawah kesepakatan yang dibuat dengan Inggris, Perancis, Jerman, Cina, Rusia, Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk mengekang program nuklirnya.  Tapi Iran masih dikenakan embargo senjata dan pembatasan lainnya, yang secara teknis bukan bagian dari kesepakatan nuklir.

 

Sumber: TEMPO

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI