Sukabumi Update

Referendum Turki, Presiden Trump Ucapkan Selamat kepada Erdogan

SUKABUMIUPDATE.com -  Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengucapkan selamat kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan atas kemenangan tipis referendum perubahan konstitusi. 

Ucapan itu disampaikan Presiden Trump melalui telepon sesaat setelah Presiden Erdogan mengklaim kemenangannya pada hari Senin (17/4). Presiden Trump menjadi pemimpin negara-negara Barat pertama mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangan pendukung referendum.

Dalam percakapan telepon, menurut Gedung Putih, Trump dan Erdogan mengatakan bahwa kedua pemimpin membahas berbagai topik selain hasil referendum di Turki.

"Presiden Donald J. Trump berbicara dengan Erdogan untuk mengucapkan selamat atas keberhasilan referendum terbaru dan membahas tindakan Amerika Serikat terhadap penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah pada 4 April lalu," demikian pernyataan Gedung Putih, seperti yang dilansir Channel News Asia pada (18/4).

Dalam pernyataannya Gedung Putih juga mengatakan bahwa kedua pemimpin juga membicarakan tentang kampanye anti-ISIS dan perlunya bekerjasama menentang semua kelompok yang menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan mereka.

Panggilan telepon Presiden Trump pertama kali dilaporkan media Turki. "Trump menelepon Erdogan pada Senin malam dan mengucapkan selamat atas keberhasilan dalam pemungutan suara," kata sumber presiden Turki dikutip kantor berita Anadolu. 

Reaksi Presiden Trump bertentangan dengan pemimpin Uni Eropa (EU) yang menolak untuk menanggapi kemenangan tipis Erdogan dalam referendum. 

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI