Sukabumi Update

Emeritus Paus Benediktus Rayakan Ultah ke 90 dengan Segelas Bir

SUKABUMIUPDATE.com - Benediktus XVI, yang mengundurkan diri sebagai Paus pada 2013, merayakan ulang tahun ke 90 dengan segelas besar bir dan ditemani beberapa kerabatnya dari Jerman, negara asalnya.

Dalam beberapa foto yang diunggah oleh surat kabar Vatikan, LOsservatore Romano, terlihat dalam acara perayaan, eks pemimpin umat katolik dunia yang kini bergelar Emeritus Paus Benediktus tengah meneguk bir bersama saudaranya, Monsignor Georg Ratzinger dan beberapa lainnya yang juga menikmati minuman itu.

Seperti yang dilansir Telegraph pada (18/4), Emeritus Paus terlihat senang terlebih setelah ia mendapat kue dari delegasi Jerman tersebut, termasuk di dalamnya kue kesukaannya, pretzel.

Emeritus Paus Benediktus lahir pada tanggal (16/4) di Jerman selatan. Tapi karena hari ulang tahunnya tahun ini bertepatan dengan Minggu Paskah, maka dia  mengundur perayaannya pada keesokan harinya. 

Pada hari yang cerah, ringan, para tamu duduk di luar biara Vatican City yang  telah ditempat Emeritus Paus Benediktus sejak ia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun terakhir.

Paus terakhir yang mengundurkan diri secara sukarela adalah Celestine V pada 1294 setelah memerintah selama lima bula. Pengunduran dirinya dikenal sebagai "penolakan besar" dan dikutuk oleh penyair Dante melalui karyanya Divine Comedy. 

Sebagai Emeritus, Benedict XVI masih memakai gaun putih serta pileola atau topi kecil yang biasa dipakai Paus. 

 

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI