Sukabumi Update

Bom Bunuh Diri ISIS Ledakkan Kedutaan Irak di Afganistan

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 4 milisi ISIS tewas dalam sebuah serangan bersenjata dan bom bunuh diri di Kedutaan Irak di Ibu Kota Afganistan, Kabul.

Middle East Monitor dalam laporannya Selasa (1/8/2017), mengatakan, kantor Kedutaan Irak yang diserang milisi ISIS berada di luar kompleks kedutaan di Shahr-e-Nau, kawasan terkenal terdiri dari restoran dan pusat perbelanjaan.

"Dua pekan sebelumnya, kedutaan besar merayakan kemenangan pasukan Irak menghancurkan kekuatan ISIS di Mosul," tulisnya.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak, Najib Danish, mengatakan kepada kantor berita Anadolu, serangan terhadap kantor kedutaan tersebut dilakukan oleh lebih dari empat orang.

"Salah seorang dari penyerang bunuh diri memasuki pintu gerbang, sementara tiga lainnya mulai menembaki dari pintu gerbang lain," ucap Danish.

Dia menambahkan, para penyerang melakukan aksinya pada sekitar pukul 11.30 pagi waktu setempat, selanjutnya mereka dikepung pasukan keamanan.

"Pasukan keamanan melakukan adu tembak dengan penyerang," tambahnya.

Dalam drama adu senjata tersebut, jelas Danish, tiga penyerang roboh diterjang peluru pasukan keamanan. Sedangkan dari pihak keamanan hanya seorang mengalami luka-luka. 

"Seluruh staf diplomat Irak berhasil diselamatkan," ujarnya.

Juru bicara Kementerian Irak, Ahmad Jamal, mengatakan, aksi tersebut juga menyebabkan dua petugas keamanan Afganistan yang berada di luar kedutaan tewas akibat diserang pelaku.

"Untuk sementara staf kedutaan kami alihkan ke kedutaan besar Mesir di sana," jelas Ahmad menanggapi serangan milisi ISIS ke Kedutaan Irak di Afganistan.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI