Sukabumi Update

Hari Ini dalam Sejarah: Pemakaman Putri Diana

SUKABUMIUPDATE.com - Tepat 20 tahun lalu, pemakaman Putri Diana dilangsungkan pada 6 September 1997 mulai pukul 9.08 waktu London.

Peti yang membawa jasad mantan istri Pangeran Charles itu bergerak dari Istana Kensington menuju tempat persemayaman di Westminster Abbey hingga akhirnya dimakamkan di Althorp.

Sebanyak 2.000 undangan menghadiri upacara di Westminster Abbey, sementara 32,10 juta warga Inggris menyaksikan langsung prosesi pemakaman dari televisi. Pemakaman ini juga mencatat sejarah karena disaksikan oleh lebih dari dua miliar warga dunia.

Karena telah bercerai dengan Charles yang merupakan pewaris tahta Kerajaan Inggris, pemakaman Diana bukanlah pemakaman kenegaraan. Namun, gegap gempitanya melampaui pemakaman anggota kerajaan sekalipun.

Saat peti jenazah mendekati Istana St. James, sejumlah anggota Kerajaan dan keluarga Diana kemudian turut berjalan di belakangnya untuk mengantar sang Putri ke Westminster Abbey. Mereka terdiri atas Pangeran Phillip mantan mertua Diana, Pangeran Charles, kedua putra Diana: William dan Harry serta Earl Spencer, kakak kandung Diana.

Ketika peti jenazah melewati Istana Buckingham, seluruh keluarga Kerajaan Inggris menanti di luar. Ratu Elizabeth II menundukkan kepalanya untuk menghormati mendiang menantu. Selain keluarga kerajaan, sekitar satu juta orang tumpah ke jalanan Kota London untuk menyaksikan secara langsung proses pemakaman ini.

Sesampainya di Westminster Abbey, upacara penghormatan terakhir dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat selama satu jam 10 menit. Sejumlah tamu kenegaraan dan selebritas papan atas dunia hadir dalam kesempatan itu.

Selain Sir Elton John yang menyanyikan lagu khusus untuk Diana, tampak hadir George Michael, Mariah Carey, Luciano Pavarotti, hingga Tom Cruise dan Nicole Kidman.

Sementara tamu kerajaan sejumlah negara yang menyempatkan diri hadir adalah Ratu Noor dari Yordania, Nelson Mandela, Hillary Clinton, Raja Spanyol dan Putri Margriet dari Belanda.

Pemakaman Diana kemudian berlangsung secara tertutup untuk keluarganya. Pangeran Charles, anak-anaknya, keluarga Diana hadir dalam pemakaman di Althorp Park, tempat pemakaman keluarga Spencer selama beberapa abad. Diana dilaporkan mengenakan gaun hitam berlengan panjang yang didesain Catherine Walker. Seuntai Rosario hadiah dari Bunda Theresa diletakkan di tangan Putri .

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI