Sukabumi Update

Sambut Delegasi Korea Selatan, Kim Jong Un Bikin Lelucon?

SUKABUMIUPDATE.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menampilkan sisi humorisnya saat menyambut delegasi khusus Korea Selatan baru-baru ini.

Kim Jong Un bercanda tentang citranya di media internasional saat dia menjamu pejabat Korea Selatan dengan minuman keras lokal dan mie dingin khas Pyongyang.

Sumber Istana Biru Kepresiden Korea Selatan mengungkapkan Kim memberikan sambutan ringan tentang bagaimana citra dia terlihat di luar Korea Utara seperti di media internasional.

Kim, yang berulang kali dicemooh sebagai "Little Rocket Man" oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, "sangat sadar" tentang imejnya, kata pejabat yang enggan identitasnya diungkap ini. Menurut dia, Kim bereaksi terhadap komentar yang dibuat tentang dirinya dengan cara yang santai. Kim dikabarkan mencandai dirinya sendiri dari waktu ke waktu selama pertemuan itu.

Ketika pejabat Korea Selatan berkunjung, tidak ada suasana kaku yang ditampilkan. Kim Jong Un adalah orang pertama yang memancing topik sensitif, termasuk mengenai dimulainya kembali latihan militer antara Korea Selatan dan Amerika Serikat. Latihan ini sempat tertunda hingga berakhirnya Olimpiade Musim Dingin yang damai pada Februari 2018.

Kim dan para pejabat bahkan berbagi beberapa botol soju, yang merupakan minuman beralkohol khas setempat.

"Botolnya terus datang," kata sumber lain di pemerintahan Korea Selatan, yang memiliki pengetahuan resmi tentang pertemuan itu.

Saat santap malam pertama, pejabat Korea Selatan dapat mengamati hubungan yang dekat antara Kim dan istrinya, Ri Sol Ju.

Sumber ini mengatakan Kim sangat menghargai dan menghormati pasangannya itu sehingga terkesan pasangan itu tampil setara.

"Mereka sepertinya sangat dekat satu sama lain dan dia tidak tampak seperti suami yang konservatif," ungkap sumber kedua ini, seperti dilansir Hidustan Times pada 9 Maret 2018.

Hasil dari pertemuan itu adalah disepakatinya pertemuan antara Kim Jong Un dan Donald Trump pada Mei mendatang. Kim bahkan berkomitmen untuk menanggalkan semua senjata nuklirnya.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI