Sukabumi Update

Rusia Sukses Uji Rudal Penghancur Satelit Intelijen AS di Orbit

SUKABUMIUPDATE.com - Rusia telah menyelesaikan uji coba terbaru dari rudal anti-satelit baru yang mampu memusnahkan teknologi navigasi, komunikasi, dan intelijen AS di orbit sebagaimana dilaporkan Daily Mail, akhir pekan lalu.

Uji terbang keenam dari 'Nudol' diyakini telah terjadi di Plesetsk Cosmodrome, 500 mil sebelah utara ibukota Rusia, Moskow, pada 26 Maret.

Pada kesempatan itu, senjata yang juga dikenal sebagai PL19 itu, telah diluncurkan dari transporter untuk pertama kalinya, yang menunjukkan langkah besar ke depan dalam perkembangannya.

Di masa lalu, proyek ini telah diselimuti secara rahasia. Laporan negara Rusia telah bersikeras bahwa Nudol adalah untuk tujuan pertahanan dan menggambarkannya sebagai pertahanan rudal jarak jauh Rusia yang baru.

Namun para ahli mengatakan tugas utama rudal pencegat ini adalah untuk menguasai atmosfir Bumi dan menyerang obyek-obyek besar menggunakan energi kinetik.

Rusia terus memodernisasi arsenal strategisnya di bawah Presiden Vladimir Putin. Laporan Badan Intelijen Pertahanan kepada Kongres pada Februari 2015 menyatakan doktrin militer Rusia menekankan pertahanan antariksa sebagai komponen vital pertahanan nasionalnya.

"Para pemimpin Rusia secara terbuka menegaskan bahwa angkatan bersenjata Rusia memiliki senjata anti-satelit dan melakukan penelitian anti-satelit," tulis laporan itu.

Uji peluncuran pertama yang berhasil dari Nudol adalah pada akhir 2015 sebagai bagian dari sistem pencegat kinetik generasi mendatang yang saat ini sedang dikembangkan oleh Rusia, menurut The Diplomat.

Setelah tes sebelumnya pada tahun 2016, mantan pejabat Pentagon Mark Schneider memperingatkan bahwa konsekuensi dari serangan anti-satelit terhadap AS bisa sangat merusak.

"Hilangnya bimbingan GPS karena serangan anti-satelit akan mengambil bagian substansial dari kemampuan pengiriman senjata presisi kami dan pada dasarnya semua kemampuan kami," katanya kepada The Washington Free Beacon.

Letnan Jenderal Angkatan Udara David J. Buck, komandan Komando Komponen Fungsional Gabungan untuk Luar Angkasa, mengatakan pada tahun yang sama bahwa, "Rusia memandang ketergantungan AS pada luar angkasa sebagai kerentanan yang bisa dieksploitasi, dan mereka mengambil tindakan yang disengaja untuk memperkuat kontra-antariksa mereka.”

Dalam Penilaian Ancaman Dunia 2018, Direktur Intelijen Nasional AS Dan Coats mencatat bahwa baik Rusia dan Cina terus mengejar senjata antisatelit (ASAT) sebagai sarana untuk mengurangi keampuhan militer AS dan sekutu.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI