Sukabumi Update

Dokter Amerika Serikat Sukses Transpalasi Penis Pertama di Dunia

SUKABUMIUPDATE.com - Tim dokter di Amerika Serikat berhasil melakukan transplantasi penis dan kantung zakar pertama di dunia. Tim ini terdiri dari 11 ahli bedah dari Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat.

Tim dokter ini melakukan transplantasi terhadap seorang tentara yang terluka dalam ledakan bom di Afghanistan beberapa waktu lalu.

Veteran itu menjalani prosedur bedah selama 14 jam pada 26 Maret 2018 oleh tim yang terdiri dari sembilan ahli bedah plastik dan dua ahli urologi.

Pada Senin, 23 April 2018, pasien yang dirahasiakan identitasnya itu telah pulih dan segera keluar dari rumah sakit pekan ini.

"Kami berharap pencangkokan ini akan mengembalikan fungsi urin dan seksual pria muda ini," kata Kepala operasi plastik dan rekonstruksi Johns Hopkins University's , Dr WP Andrew Lee, seperti dilansir ABC News pada 23 April 2018.

Pasien mengatakan, cedera yang dideritanya sangat mengejutkan dan tidak dapat diterima.

"Ketika saya pertama kali bangun setelah operasi, saya merasa lebih normal dan lebih percaya diri," demikian pernyataan pasien seperti dikutip pihak Universitas Johns Hopkins.

Penis dan kantung zakar serta jaringan dari dinding perut baru bagi veteran itu berasal dari pendonor yang telah meninggal di Amerika Serikat. Namun dokter tidak mentransplantasi testikal kepada pasien untuk menghindari masalah etika yang mungkin terjadi jika dia memiliki anak.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI