Sukabumi Update

Jelang Kedatangan Trump, Menlu Amerika Serikat di Korea Utara

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, tiba di Pyongyang Korea Utara pada Rabu, 9 Mei 2018. Kedatangan Pompeo ini, tulis CNN, sebagai persiapan pertemuan Presiden Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Salah seorang pejabat Korea Selatan mengatakan kepada wartawan di Tokyo, Rabu, dia berharap Pompeo meninggalkan Pyongyang bersama tiga tahanan Amerika Serikat yang ditahan di Korea Utara selama berbulan-bulan.

Pejabat yang tak bersedia disebutkan namanya ini mengatakan, tanggal dan lokasi pertemuan Trump dengan Kim sepertinya akan diumumkan usai kunjungan Pompe ke Pyongyang. "Lokasi, waktu dan tanggal sudah dipastikan. Kami berharap semuanya berjalan sukses," kata Trump di Gedung Putih, Selasa, 8 Mei 2018.

Pompeo juga ngetwit dalam akun Twitter mengenai perjalanannya ke Korea Utara pada Selasa kemarin. "Saya melihat pertemuan yang akan datang antara Presiden Trump dan Kim Jong Un sukses," tulis Pompeo

Ketika ditanya wartawan, apakah dia akan membawa tiga tahanan Amerika yang baru-baru ini ditahan Korea Utara. Dia menjawab, "Baiklah, akan segera kita temukan," ucapnya. "Itu akan menjadi sesuatu hal yang besar jika mereka ada."

Perjalanan Pompeo ke Pyongyang ini menyusul pertemuan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Desa Panmunjom bulan lalu untuk menyelesaikan ketegangan kedua negara.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI