Sukabumi Update

Bertemu Kim Jong Un 12 Juni di Singapura, Trump: Perdamaian Dunia

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, akan digelar pada 12 Juni di Singapura.

Pengumuman resmi itu disampaikan Trump melalui cuitan di Twitter hanya beberapa jam setelah menyambut kedatangan tiga tahanan Amerika Serikat, yang baru dibebaskan Korea Utara.

"Pertemuan yang sangat diantisipasi antara Kim Jong Un dan saya sendiri akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni. Kami berdua akan mencoba menjadikannya momen yang sangat istimewa untuk Perdamaian Dunia!" begitu bunyi cuitan Trump, Kamis, 10 Mei 2018.

KTT ini akan menjadi pertemuan tatap muka pertama antara presiden Amerika dan pemimpin Korea Utara. Seperti dilansir New York Times, Singapura dianggap sebagai tempat yang paling netral untuk KTT bersejarah ini.

Seingapura juga memiliki pelabuhan panggilan umum untuk kapal perang Amerika Serikat merapat secara berkala. Singapura memiliki pelabuhan internasional utama dan Angkatan Laut Amerika Serikat mengoperasikan markas logistik di negara kota itu.

Untuk menentukan lokasi pertemuan, para pejabat Amerika Serikat juga harus mempertimbangkan tempat yang tidak terlalu jauh dari jangkauan Kim Jong Un karena pesawat di Korea Utara telah menua, yang berasal dari era Uni Soviet. Sebelumnya, Trump sempat menyebut Kim Jong Un sebagai pria terhormat. 

 

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI