Sukabumi Update

Selain Indonesia, Berikut Negara yang Hari Ini Rayakan Idul Fitri

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 dirayakan pada Jumat, 15 Juni, di sebagian besar negara Islam setelah hilal telah terlihat Kamis kemarin.

Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Indonesia, Turki, dan Malaysia termasuk di antara negara-negara pertama yang mengumumkan Jumat sebagai hari pertama Idul Fitri.

Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya juga mengumumkan akan merayakan Idul Fitri pada Jumat, di samping Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara Eropa.

<iframe id="google_ads_iframe_/14056285/tempo.co/desktop_dunia_inarticle_0" style="font-style: inherit; font-variant: inherit; font-weight: inherit; font-stretch: inherit; font-size: inherit; line-height: inherit; opacity: 0.01; display: block; font-family: inherit; height: 1px; overflow: hidden; position: absolute; vertical-align: bottom; width: 1064px; border-width: 0px; padding: 0px; margin: 0px;" title="3rd party ad content" name="google_ads_iframe_/14056285/tempo.co/desktop_dunia_inarticle_0" width="1" height="1" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no"> </iframe> Hillal tidak terlihat di India atau di Pakistan, yang berarti Idul Fitri akan dirayakan pada Sabtu, 16 Juni. Hal serupa terjadi di Selandia Baru dan Australia.

Negara-negara lain yang juga merayakan Idul Fitri pada Jumat, termasuk Sri Lanka, Maladewa, Brunei Darusalam, Fiji, Bahrain, Kuwait, Oman, Yaman, Yordania, Lebanon, Irak, Palestina, Mesir, Sudan, Suriah, Turki, dan komunitas Islam di Rusia, Prancis dan Singapura.

Idul Fitri dalam bahasa Arab berarti Perayaan yang Diberkati dan merupakan ucapan umum untuk hari kemenangan yang menandai akhir Bulan Suci Ramadan tersebut.

Terdapat beberapa salam khas Idul Fitri dari beberapa negara, termasuk, Ciid wanaagsan  sebagaimana digunakan di Somalia. Mutlu Bayramlar, seperti yang biasa digunakan di Turki. Selamat Hari Raya, digunakan di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Barka da Sallah igunakan di beberapa bagian Nigeria.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI