Sukabumi Update

Erdogan Terpilih Jadi Presiden Turki, Raih Suara Mayoritas

SUKABUMIUPDATE.com - Recep Tayyip Erdogan terpilih kembali menjadi Presiden Turki setelah meraih suara mayoritas dalam pemilihan umum Ahad, 24 Juni 2018. "Koalisi partai yang dia pimpin juga mendapatkan suara terbanyak di parlemen," tulis Al Jazeera dalam laporannya Senin, 25 Juni 2018.

Lebih dari 56 juta rakyat Turki yang memiliki hak suara berbondong-bondong ke bilik suara untuk memilih presiden sekaligus anggota parlemen, Ahad kemarin. Pesta demokrasi ini untuk pertama kalinya digelar sejak Turki mengubah sistem pemerintahan dari sistem parlementer ke presidensial hasil referendum tahun lalu.

Dengan demikian, kemenangan ini, tulis Middle East Eye, memperpanjang masa kekuasaan Erdogan yang sebelumnya menjadi penguasa Turki selama 15 tahun melalui Partai Keadilan dan Pembangunan, AKP.

Pada pemilihan tersebut, kata Ketua KPU Turki Saidi Guven, Erdogan mengalahkan pesaing terdekatnya, Muharrem Ince.

Menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu, Erdogan dipastikan berhak meraih kursi presiden setelah dia mendapatkan dukungan 52,5 persen suara. Sedangkan Ince mewakili kelompok sekuler dari Partai Republik Rakyat, CHP, memperoleh 31,5 persen suara dari 99 persen suara yang masuk ke panitia pemilihan.

"Erdogan dipastikan terpilih menjadi Presiden Turki. Tidak ada lagi pemilihan babak kedua," Anadolu melaporkan sebagaimana dikutip Middle East Eye, Senin.

Kemenangan ini disambut gegap gempita oleh ribuan pendukung Erdogan yang menyemut di depan markas AKP di Ibu Kota Ankara.

"Turki akan melanjutkan membebaskan tanah Suriah agar supaya pengungsi dapat kembali ke Suriah dengan selamat," kata Erdogan dalam pidato kemenangannya di depan para pendukungnya yang melambai-lambaikan bendera Turki.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI