Sukabumi Update

Survei Pilpres: Pemilih Ingin Komedian Jadi Presiden Ukraina

SUKABUMIUPDATE.com - Aktor dan komedian yang memparodikan presiden fiksional di acara televisi terpillih sebagai kandidat presiden Ukraina terkuat menurut survei.

Volodymyr Zelenskiy, yang baru terjun di dunia politik menjadi capres Ukraina terkuat berdasarkan jajak pendapat yang dirilis pada Rabu kemarin, dikutip dari Reuters, 28 Maret 2019.

Tetapi menurut lembaga survei SOCIS, dukungan untuk pria berusia 41 tahun itu masih jauh di bawah level yang dibutuhkan untuk mengamankan kemenangan langsung dalam pemungutan suara 31 Maret, dan sebagian besar pemilih masih tidak berharap dia menjadi presiden.

SOCIS menunjukkan Zelensky meraih perolehan 24,6 persen suara dalam putaran pertama jajak pendapat, disusul petahana Petro Poroshenko 14,8 persen dan pemimpin oposisi Yulia Tymoshenko 8,7 persen.

Ada 39 kandidat yang mencalonkan diri, tapi jika tidak ada kandidat yang menang 50 persen perolehan suara pada pencoblosan 31 Maret, maka akan digelar pemilu putaran kedua pada 21 April.

Dalam survei yang digelar pada 20-25 Maret, SOCIS mengatakan pihaknya mewawancarai 2.000 pemilih di semua wilayah, kecuali Crimea yang dicaplok Rusia.

SOCIS mengatakan 28,5 persen dari mereka yang ditanyai mendukung komedian Zelenskiy untuk menang pada putaran kedua, 25,7 persen mengharapkan Poroshenko untuk dipilih kembali dan 12,7 persen menginginkan Tymoshenko sebagai presiden Ukraina.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI