Sukabumi Update

Aliansi Global Sepakat Tangani Sampah Plastik di Asia Tenggara

SUKABUMIUPDATE.com - Aliansi global perusahaan pembuat plastik dan perusahaan barang konsumen akan memprioritaskan sebagian besar dana siaga US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun untuk mengendalikan sampah plastik di kawasan Asia Tenggara.

Aliansi untuk Mengakhiri Sampah Plastik (AEPW), yang terdiri dari 40 perusahaan dan berbasis di seluruh dunia, ini berkomitmen dana US$1 miliar untuk membiayai kampanye anti limbah plastik saat diluncurkan pada awal tahun ini. Aliansi berjanji untuk berinvestasi setengah miliar lebih dalam lima tahun ke depan seperti pernyataan pada Selasa, 27 Agustus 2019.

Kelompok ini, yang sekarang bermarkas di Singapura, mengatakan dana itu akan digunakan untuk membiayai kemitraan kota dan infrastruktur untuk mendukung pengelolaan limbah di negara-negara Asia Tenggara, yang merupakan salah satu pencemar laut terburuk di dunia.

Empat negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Vietnam dan Thailand, dan Cina menyumbang 60 persen sampah plastik di lautan dunia. Ini menurut laporan 2015 yang ditulis bersama oleh juru kampanye lingkungan Ocean Conservancy.

"Kami menyadari bahwa Asia Tenggara adalah daerah di mana kami ingin memberikan perhatian yang signifikan," kata Jim Seward, wakil presiden pembuat bahan kimia LyondellBasell.

"Kami ingin bekerja dengan mitra dan pemangku kepentingan kami di seluruh wilayah melalui investasi, bahwa masalahnya dapat dipecahkan."

Pada Juni, ASEAN mengakui limbah plastik sebagai masalah utama bagi kawasan ini dan mengadopsi deklarasi bersama untuk memerangi puing-puing laut.

Sejumlah paus dan kura-kura laut telah mati di pesisir Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir dengan sampah plastik di perut mereka.

Baru-baru ini, seorang bayi duyung yatim piatu di Thailand bernama Marium tewas karena sampah plastik setelah diselamatkan pada April lalu. Sebuah gambar duyung, dibagikan oleh aktor Leonardo DiCaprio di akun Instagramnya pada Sabtu, 24 Agustus 2019 telah menarik lebih dari 1,7 juta likes.

Sumber: Suara.com

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI